Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Petunjuk Intelijen Terkait Siapa yang akan Jadi Panglima TNI

6 Oktober 2021   10:08 Diperbarui: 11 Oktober 2021   22:07 3379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pasukan TNI. (ANTARA FOTO/YUSRAN UCCANG via KOMPAS.com)

Setelah upacara HUT TNI ke-76 di Istana Merdeka dengan Irup Presiden Jokowi, ada acara khusus, peninjauan pameran Alutsista TNI di depan istana Merdeka. Kemudian Kapolri Jenderal Pol Lystio Sigit Prabowo berkunjung ke kabtor Mabes TNI di Jl Merdeka Barat,  membawa kue ulang tahun ke-76 TNI. Sementara untuk Marsekal Hadi Tjahjanto, akan ultah ke-58 sekaligus pensiun pada tanggal 8 November 2021.

Sementara dalam waktu yang tinggal sedikit dalam proses pergantian jabatan Panglima TNI, Presiden tidak menjawab pertanyaan awak media dan belum juga mengirim surat (surpres) ke DPR calon panglima untuk fit and propper test.

Jawaban yang paling tepat siapa yang akan jadi Panglima TNI adalah siapa yang ditakdirkan oleh Allah dialah yang jadi. Penulis coba memberikan sudut pandang dari komponen intelijen strategis.

Pengertian Takdir

Takdir juga termasuk dalam pertimbangan komponen Sosial budaya Intelstrat. Pengertian takdir adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi secara suka atau tidak karena Allah yang menentukan manusia (ref. Wiki).

Dimensi ketuhanan

Dimensi ini merupakan sekumpulan ayat-ayat dalam Al Quran yang menginformasikan bahwa Allah Maha Kuasa menciptakan segala sesuatu termasuk menciptakan Takdir.

Dimensi kemanusiaan

Dimensi ini merupakan sekumpulan ayat-ayat dalam Al Quran yang menginformasikan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita dan tujuan hidup yang dipilihnya.

Implikasi Iman kepada takdir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun