Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Rajin Gowes, Ini Manfaat yang Saya Dapat

24 Agustus 2021   05:59 Diperbarui: 24 Agustus 2021   06:03 129 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rajin Gowes, Ini Manfaat yang Saya Dapat
Foto: Dokumentasi Pribadi

Melansir Very Well Health, istilah endorphin (enndorfin) berasal dari dua kata, yakni endogenous yang berarti berasal "dari tubuh" dan morphine yang merupakan "pereda nyeri opioid".

Endorfin ini adalah zat kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk menghilangkan stres dan rasa sakit. 

Endorfin bekerja mirip dengan kelas obat yang disebut opioid yang bekerja untuk menghilangkan rasa sakit dan dapat menghasilkan perasaan euforia. Obat ini kadang-kadang diresepkan untuk penggunaan jangka pendek setelah operasi atau untuk menghilangkan rasa sakit.

Sementara, endorfin alami bekerja mirip dengan pereda nyeri opioid, tetapi hasilnya mungkin tidak sedramatis itu. Endorfin memang bisa memiliki banyak efek positif dalam hal kesehatan dan kesejahteraan kita. 

Di bawah ini adalah daftar beberapa dari banyak manfaat endorfin yang bisa kita dapatkan seperti mengurangi depresi, mengurangi kecemasan, peningkatan harga diri, regulasi atau modulasi nafsu makan, meningkatkan respon imun, mengurangi rasa sakit (sumber: health. kompas.com)

Cara Meningkatkan Pelepasan Endorfin

Endorfin merupakan sekelompok peptida yang diproduksi oleh kelenjar pituitari dan sistem saraf pusat kita. Kadar endorfin cenderung meningkat saat Anda melakukan aktivitas yang menimbulkan perasaan memuaskan diantaranya :

- Melakukan Olahraga Rutin. 

Dilansir dari Medical News Today, selama bertahun- tahun, para peneliti menduga bahwa endorfin menyebabkan apa yang disebut sebagai "runner's high", yakni perasaan euforia yang terjadi setelah aktivitas fisik lama dan kuat. 

Olahraga, di antaranya gowes (bersepeda) bersama sahabat, dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan endorfin. Beberapa profesional medis meresepkan olahraga teratur sebagai pengobatan untuk depresi dan kecemasan ringan hingga sedang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
24 Agustus 2021
LAPORKAN KONTEN
Alasan