Mohon tunggu...
Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Mohon Tunggu... .....

........

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Astra on Becoming Pride of The Nation

18 April 2017   22:13 Diperbarui: 19 April 2017   07:00 2372 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Astra on Becoming Pride of The Nation
Konser Inspirasi 60 Tahun Astra (Foto: Prattemm)

20 Februari 1957, dengan awalnya memiliki empat karyawan namun kini PT Astra International Tbk telah berkembang menjadi perusahaan besar yang layak dibanggakan dengan 214.835 karyawan yang tersebar di 208 perusahaan di seluruh Indonesia. Perjalanan Astra yang telah menapaki dekade yang keenam ini, berkat kerja keras dan kecermatan William Soeryadjaya muda dalam menangkap peluang usaha sekecil apapun. 

Naluri bisnis kuat serta ketajamannya membaca perkembangan zaman kedepan, telah melahirkan portofolio lini bisnis mulai dari otomotif hingga layanan jasa keuangan, pertambangan & alat berat, agribisnis, logistik & infrastruktur, teknologi informasi, property. Identitas dan garis cita-cita Astra konsisten tetap terjaga, berkat terkristalisasinya nilai-nilai yang diletakkan oleh William Soeryadjaya seperti nilai-nilai "Catur Dharma Astra" dan moto "Per Aspera ad Astra". 


Dalam momen peringatan 60 Tahun Astra di Jakarta Convention Center pada 25 Februari 2017 lalu,  telah diluncurkan buku berjudul Astra: on Becoming Pride of the Nation. Sebuah buku manajemen kontemporer yang tak bermaksud untuk memamerkan kegemilangan prestasi Astra, namun dapat dijadikan salah satu sumber inspirasi pembelajaran oleh masyarakat dalam meningkatkan kompetensi daya saing yang unggul. 

Pengolahan harta karun intelektual Astra yang tak ternilai ini, ditulis oleh Yakub Liman yang pernah memimpin Astra Management Development Institute (AMDI) pada tahun 2000-2008. Penulis yang pernah menjabat sebagai Direktur Politeknik Manufaktur Astra, turut juga sebagai tim penulis buku Lead by Heart (2011) yang mengisahkan riwayat kepemimpinan CEO Astra 2005-2010 Michael Dharmawan Ruslim. 

Buku yang mempublikasikan pokok bahasan praktik manajemen dan kepemimpinan insan Astra ini, dilakukan proses riset dan wawancara mendalam selama lebih dari setahun. Latar belakang pemikiran insan Astra yang berbeda (Direksi Astra, pemimpin & eksekutif lini bisnis perusahaan, pimpinan Astra yang sudah "purnatugas", para staf yang dianggap competence masters), disatukan untuk memahami bagaimana implementasi pengembangan alat kerja manajemen (management tools) insan Astra yang unik. Buku ber-ISBN: 978-602-03-3799-9 setebal 519 halaman yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2017 ini, tidak dimaksudkan sebagai buku teori manajemen dengan membatasi pokok bahasan hanya pada praktik manajemen dan kepemimpinan insan Astra. 

Dalam buku ini kita dapat melihat terpeliharanya nilai-nilai warisan William Soeryadjaya dalam pertumbuhan bisnis dari generasi ke generasi, hingga perumusan menjadi kebanggaan bangsa dalam usaha Astra menuju Goal 2020. Kemudian kita juga dapat melihat sistem manajemen Astra (AMS~ Astra Management System) dan pengembangan sumber daya manusia (AHCM~ Astra Human Capital Management) yang sistematis dan terintegrasi menjadi kunci kekuatan organisasi. 

Sementara itu keberhasilan pengembangan lini bisnis baru, dilakukan melalui keunikan sinergi antar unit / lini bisnis. Kontribusi Astra bagi upaya pembangunan yang berkelanjutan dilakukan melalui empat Pilar CSR (pendidikan, kesehatan, income generating activities, pengelolaan lingkungan) yang terpadu dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat. 

Seluruh fondasi dan acuan terpenting bagi perekat insan Astra dalam organisasi yang majemuk, dengan konsisten terpeliharanya nilai-nilai Catur Dharma Astra, moto "Per Aspera ad Astra", cita-cita Sejahtera Bersama Bangsa, yang dapat beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Inilah modal Astra yang saat ini telah menjelma menjadi pohon rindang dan berbuah lebat, serta menjaga agar akar pohon rindang ini semakin menghunjam lebih dalam untuk menghadapi terpaan angin perubahan. 

Goal Astra 2020 "Pride of the Nation" merupakan wujud Astra membantu pemerintah dalam membangun negara, agar dapat maju sejajar dengan negara besar lainnya. Perjalanan menuju goal Astra 2020 "Pride of the Nation" yang telah bergaung sejak tahun 2010 memang sudah tak lama lagi. Namun perjalanan untuk menyejahterakan bangsa memang sebuah cita-cita yang tiada titik akhirnya.

Buku ASTRA on Becoming Pride of the Nation (Foto:Prattemm)
Buku ASTRA on Becoming Pride of the Nation (Foto:Prattemm)
Artikel terkait Grup Astra:

Dari PALYJA dengan Air Bersih Berteknologi Alami

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x