Mohon tunggu...
Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Mohon Tunggu... .....

........

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Saatnya Tunjukkan Keistimewaan dengan Samsung Galaxy S7 edge | S7

8 Mei 2016   16:34 Diperbarui: 8 Mei 2016   17:27 1329 0 0 Mohon Tunggu...

Samsung Galaxy S7 edge | S7 dengan Wearables Samsung Gear VR dan Samsung Gear S2 (Sumber Foto: dokpri@prattemm)

Samsung Electronics pada tahun 2010 telah merilis Samsung Galaxy S1. Kemudian produk flagship ini pada tahun 2011 telah berwujud dalam Samsung Galaxy S2. Konsistensi ini terus berlanjut pada tahun 2016 dengan flagship teranyarnya yaitu Samsung Galaxy S7 edge | S7

Setelah perjumpaan pertama dengan Samsung Galaxy S7 edge | S7 pada 27 Maret 2016 lalu di Grand Indonesia Jakarta Pusat, ternyata ada perjumpaan yang kedua di Samsung Store Central Park Mall Jakarta Barat pada 25 April 2016 lalu. Perjumpaan kedua ini terjadi di acara Kompasiana Unboxing Samsung S7 edge | S7 . Sebelum acara dimulai, para Kompasianer dipersilahkan untuk menikmati santap siang dengan icip-icip di Tokio Kitchen.

Setelah perut dan kelima panca indera terpuaskan oleh kuliner negeri matahari terbit, saatnya menuju arena Unboxing yang masih dalam persiapan acara. Tampak flagship Galaxy S7 berada di kolam akuarium dalam keadaan memainkan fitur video. Tentu saja kemampuan ini pastilah teknologi yang telah mengantongi sertifikat IP-68. Ingress Protection (IP) merupakan peringkat standar internasional dalam hal ketahanan debu dan rendaman air.

Samsung Galaxy S7 beraksi dengan fitur video di kolam air (SumberFoto:dokpri©prattemm)

Ingress Protection (IP) merupakan standar pemeringkatan oleh International Electronical Commission (IEC) mengenai ketahanan suatu peralatan elektronik terhadap tekanan air dan debu. Pada gambar dibawah ini menunjukkan jika suatu produk ponsel pintar bersertifikat IP-67 maka akan memiliki perlindungan terhadap debu yang dapat dicegah dengan sempurna, juga memiliki perlindungan dari perendaman air dengan kedalaman hingga 1 meter dalam jangka waktu 30 menit. 

Gambar peringkat standar internasional Ingress Protection (IP)-68 (SumberFoto:dokpri©prattemm)
Gambar teknologi pelindung air Samsung Galaxy S7 edge | S7  (SumberFoto:dokpri©prattemm)

Samsung Galaxy S7 edge | S7 yang telah bersertifikat IP-68 telah memiliki perlindungan terhadap debu yang dapat dicegah dengan sempurna,  juga memiliki perlindungan dari perendaman air dengan kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit. Pelindung air pada flagship Samsung Galaxy S7 edge | S7 berupa rubber sealing yang berada dekat dengan SIM-card & USB port, sementara Gore Tex berada di dekat microphone, speaker dan receiver.

Dalam sebuah media workshop flagship Samsung Galaxy S7 edge | S7 di sebuah hotel di Jakarta beberapa waktu lalu, telah dilakukan ujian sesungguhnya di kolam renang dengan aksi seorang model cantik seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Kolam yang berkedalaman hampir dua meter ini menunjukkan kinerja luar biasa Flagship Samsung Galaxy S7 edge | S7 tanpa mengalami gangguan berarti. Meskipun demikian tidak dianjurkan untuk dipakai berkali-kali untuk naik-turun di kolam dalam rentang waktu bersamaan, karena akan terjadi perbedaan tekanan air yang semakin lama dapat menyebabkan masuk menembus ke dalam flagship. 

Pada prinsipnya penggunaan flagship ini tidak disarankan untuk berenang dan dicobai pada keadaan serba ekstrem, karena penggunaan dipersiapkan untuk menghadapi kejadian normal yang tidak diinginkan terjadi. Contohnya antara lain jika flagship tak sengaja terciprat/tersiram teh dan kopi panas dari gelas, tentu tak terlalu bermasalah karena sudah dipraktekkan oleh sang narasumber Unboxing ini. Meskipun belum dicoba flagship ditaruh pada air yang sedang direbus, tentu orang membeli flagship premium nan mahal untuk kegiatan fungsional bukan untuk dicobai pada berbagai pencobaan. Ada yang perlu diingat adalah layar sentuh pada flagship tidak akan berfungsi selama berada dalam kolam air. Pemakaian fungsi kamera dapat menggunakan tombol volume. Jadi saat flagship dipakai ke dalam air kolam, pastikan dahulu untuk mengaktifkan fitur kamera.

Diibaratkan manusia jika mengalami pencobaan hidup yang ringan saja sudah mengeluh,  apalagi pencobaan hidup yang berat dan bertubi-tubi pasti akan mengeluh berkeluh kesah memohon ampun dan pertolongan dari Sang Maha Pencipta, ataupun dapat mengutuki Sang Maha Pencipta akibat tak tahan atas penderitaan yang dialaminya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN