Mohon tunggu...
Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - .....

........

Selanjutnya

Tutup

Tekno

GIIAS2015: Teknologi Mesin TOYOTA yang Ramah Lingkungan

26 Agustus 2015   22:54 Diperbarui: 26 Agustus 2015   22:57 239 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Teknologi dalam industri otomotif saat ini tidak lagi sekedar berbicara mengenai efisiensi maupun kekuatan mesin, namun telah mengarah pada yang ramah lingkungan. Sejak beberapa tahun terakhir ini Toyota telah berhasil mengembangkan berbagai teknologi alternatif ramah lingkungan terdepan seperti hidrogen maupun teknologi hybrid.

"Sesuai dengan prinsip Kaizen, Toyota secara konsisten mengembangkan berbagai teknologi mulai dari pengembangan engine hingga perbaikan di tahap produksi untuk mencapai ultimate eco car," kata Rahmat Samulo (Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor) dalam Media Discussion pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada 26 Agustus 2015.   

Ultimate eco car merupakan tujuan Toyota menghadirkan mesin ramah lingkungan (eco friendly). Selama bertahun-tahun Toyota menjadi produsen kendaraan dengan teknologi terdepan dan jajaran produk terlengkap, yang merupakan bagian dari semangat "Beyond Drive". Semangat Beyond Drive ini diimplementasikan dengan menghadirkan produk dan teknologi terlengkap, inovatif, hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan memiliki kinerja prima.

Pengembangan engine/mesin Toyota mengacu pada upaya mengisi setiap line-up produk dengan mesin yang mampu menghasilkan kinerja maksimal baik untuk mendukung kelincahan, kenyamanan bekendara dengan emisi yang rendah. Untuk meningkatkan performa kendaraan , Toyota telah mengadopsi mesin-mesin terbaru untuk kendaraan yang diproduksi di Indonesia.

Beberapa line-up dengan mesin VVT-i adalah Agya, Etios Valco, Avanza, Innova, Rush, Yaris , Vios dan Fortuner. Saat ini telah dikembangkan menjadi Dual VVT-i yang sesuai dengan kondisi di Indonesia dan telah disematkan untuk line-up seperti All New Corolla Altis, All New Camry, RAV4, All New Alphard dan All New Vellfire. Bahkan beberapa MPV telah menggunakan Dual VVT-i seperti Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Dual VVT-i merupakan teknologi mesin yang efisien dalam penggunaan bahan bakar namun tetap mendukung kinerja tenaga yang besar dengan semangat eco friendly yang ramah lingkungan.

Teknologi terkini Toyota juga terlihat pada kehadiran kendaraan berbasis mesin Valvematic, Hybrid, VNT (Variable Nozzle Turbo) , Fuel Cell hingga Electric.

Valvematic merupakan teknologi mesin pintar yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sesuai dengan putaran mesin dan ini diterapkan pada Toyota NAV1.

VNT merupakan teknologi mesin diesel modern untuk varian kendaraan mesin solar dimana mampu meningkatkan outout daya dan torsi secara signifikan dan saat ini diaplikasikan pada Grand New Fortuner dan All New Toyota Hilux Diesel.

Teknologi Fuel Cell yang berbahan hidrogen pertama di dunia memiliki keunggulan gas buangnya yang yang berupa air (zero carbon emission) dan telah digunakan pada Toyota Mirai ( lihat pada foto dibawah ini).

 

Saat ini Toyota telah mengembangkan mesin listrik berbaterai lihium-ion dan telah diterapkan pada Toyota i-Road yang menggabungkan perpaduan dan potensi mobil dan sepeda motor, dimana merupakan kendaraan kompak masa depan roda tiga yang cocok untuk daerah perkotaan (lihat pada foto dibawah ini).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tekno Selengkapnya
Lihat Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan