Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Klub-klub Asal Inggris Mampu Mendominasi Kompetisi Eropa, Lalu Bagaimana dengan Timnasnya?

8 Juni 2021   09:42 Diperbarui: 8 Juni 2021   09:58 137 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Klub-klub Asal Inggris Mampu Mendominasi Kompetisi Eropa, Lalu Bagaimana dengan Timnasnya?
Phil Foden, Bintang Manchester City yang Semakin Memperkuat Lini Depan Timnas Inggris - Sumber: kompas.com

Liga Inggris merupakan salah satu liga terbaik dunia. Tak heran jika terdapat banyak sekali pemain top dari seluruh benua berlabuh di klub-klub Liga Inggris. Sebuah pencapaian luar biasa bagi karir pemain sepakbola yang mampu menembus tim utama dalam ketatnya persaingan pada klub-klub Liga Inggris. 

Masih hangat ketika dalam gelaran kompetisi antarklub benua biru tim-tim Inggris mampu mendominasi dan bahkan keluar sebagai juara. Bermula dari Europa League di mana Manchester United berhasil melaju hingga babak final dan berhadapan dengan wakil Spanyol, Villareal. 

Meskipun harus mengakui keunggulan dari Villareal dengan dramatis, setidaknya Inggris membuktikan bahwa wakilnya kembali mampu bersaing di level Eropa. Lebih mengejutkan lagi ketika gelaran Liga Champions atau UEFA Champions League (UCL). Wakil-wakil Inggris berhasil menunjukkan taringnya. Terbutkti, Inggris menempatkan dua wakilnya di babak final UCL. 

Adalah Chelsea dan Manchester City, dua wakil Inggris pada babak final UCL, dan Chelsea keluar sebagai kampiun setelah berhasil unggul atas Manchester City dengan skor 1-0. Klub-klub wakil Inggris benar-benar berjaya dan mendominasi kompetisi antarklub Eropa. 

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana nasib tim nasional Inggris? Apakah akan berjaya pula di level Eropa dalam gelaran Euro 2020? Ataukah akan angkat koper terlebih dahulu?

"Klub-klub asal Inggris mampu mendominasi ketatnya persaingan di level Eropa dan bahkan salah satu wakilnya Chelsea mampu keluar sebagai juara pada UCL. Lalu bagaimana dengan nasib tim nasionalnya, akankah berjaya pada gelaran Euro 2020 atau malah sebaliknya?"

Skuat Timnas Inggris Mayoritas Berisi Pemain-pemain yang Berlaga pada Final UCL dan Europa League

Chelsea, Manchester United, dan Manchester City nyatanya menyumbang banyak pemainnya ke dalam skuat utama tim nasional Inggris dalam gelaran Euro 2020 kali ini. Hal ini menjadi nilai plus dan modal penting bagi timnas Inggris dalam menghadapi Euro 2020. 

Dimulai dari posisi penjaga gawang, ada Dean Henderson yang merupakan pemain Manchester United, klub yang bermain pada laga final Europa League. Setidaknya Dean Henderson meskipun bersaing ketat dengan David de Gea, memiliki mental kelas Eropa atas pengalaman bersama timnya berjuang melaju hingga babak final Europa Leagua. 

Setidaknya Dean Henderson dapat menjadi altertanif pilihan setelah Jordan Pickford. Kemudian di lini belakang terdapat pula pemain yang sebelumnya berlaga di final UCL dan Europa League. Yaitu Kyle Walker dan John Stone (Manchester City), Luke Shaw dan Harry Maguire (Manchester United), serta Ben Chilwell dan Reece James (Chelsea). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN