Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Rasa Rindu Tumbuh Ketika Tak Lagi Serumah

13 April 2021   12:15 Diperbarui: 13 April 2021   12:23 111 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rasa Rindu Tumbuh Ketika Tak Lagi Serumah
Sibling Rivalry Memberikan Warna dalam Tumbuh Kembang Hubungan antara Kakak Beradik - Sumber : kompas.com

Selalu saja ada kisah tercipta tentang kehidupan bersama saudara kandung di rumah. Rumah menjadi saksi bisu bagaimana interaksi antara kakak beradik itu terjadi. Rumah pun menjadi saksi bisu omelan orang tua terhadap anak-anaknya yang sedang bertengkar sebagai wujud upaya mendamaikan serta menciptakan suasana rumah yang tenang dan tentunya tak ada lagi teriakan-teriakan adu argumen antara kakak dan adik. 

Namun dibalik itu semua selalu saja ada hikmah tersirat hanya saja bagaimana cara memaknainya dan bagaimana orang tua memberikan pengertian terhadap anak-anaknya. Sibling Rivalry selalu saja memberikan warna dalam tumbuh kembang kakak dan adik dalam sebuah keluarga.

Barang-barang terlempar jatuh dan pecah, saling berebut barang, teriakan, dan tangis bahkan tak jarang kontak fisik pun terjadi ketika salah satu merasa tidak dihargai dan kondisi emosi tidak stabil. Ya begitulah kondisi anak-anak dengan dunianya. 

Namun perlu dipahami pula pada saat itulah edukasi harus berjalan dan berperan dalam pendewasaan anak-anak agar dapat lebih mengerti dan memahamai satu sama lain. Sehingga keributan di rumah perlahan dapat diredam dan nantinya akan muncul rasa kasih sayang antara kakak dan adik.

Orang Tua Sebagai Penyejuk yang Adil

Kehidupan di rumah selalu saja tak akan lepas dengan keributan-keributan antara kakak dan adik. Orang tua pun terkadang merasa hal tersebut sungguh sangat mengganggu kenyamanan di rumah. Kehadiran orang tua yang mampu memberikan kesejukan di tengah panasnya hubungan kakak dan adik sangat diharapkan. 

Menyikapi segala sesuatu yang terjadi sebagai penengah yang adil akan mampu menyejukan hati antara kakak dan adik. Yakinlah anak-anak akan meneladani sikap sejuk nan adil di kemudian hari.

Pertengkaran yang Mendewasakan 

Suatu hal yang diharapkan dalam menyikapi sebuah pertengkaran antara kakak dan adik adalah ada momentum kesadaran dan pendewasaan di antara keduanya. 

Keberadaan orang tua di tengah-tengah mampu menyadarkan betapa indahnya saling menghormati dan saling menyayangi satu sama lain meski keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan baik dari sisi kepribadian dan juga hal lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN