Mohon tunggu...
Prama Putranto
Prama Putranto Mohon Tunggu... Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Adaptif dan Kreatif Agar Pembelajaran PJOK Tetap Asyik

9 Juli 2020   13:08 Diperbarui: 9 Juli 2020   13:07 943 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adaptif dan Kreatif Agar Pembelajaran PJOK Tetap Asyik
Pembelajaran PJOK Sebelum Pandemi - Dokumen Pribadi

Pembelajaran jarak jauh membuat guru harus mensiasati bagaimana pembelajaran dapat dilakukan seoptimal mungkin. Materi terserap dengan optimal, peserta didik tidak jenuh, dan tetap asyik meskipun dilaksanakan secara daring. Tak terkecuali guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Pembelajaran praktik mata pelajaran PJOK wajib dapat terlaksana dengan baik meskipun dilaksanakan dengan metode daring. Terasa hampa jikalau pembelajaran PJOK hanya terfokus pada teori dan pengembangan kognisi peserta didik saja. Sedangkan aspek psikomotor dan afeksi merupakan hal utama yang tak boleh ditinggalkan dalam mata pelajaran PJOK.

Memilih kompetensi dasar keterampilan yang tepat sehingga dapat dilaksanakan secara daring dengan aman, nyaman, dan mengasyikkan. Pemilihan materi olahraga yang tepat saat ini adalah  olahraga individu, dengan peralatan sederhana yang ada di rumah, dan tentunya dengan penyampaian materi yang dikemas semenarik mungkin sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan asyik meski harus #dirumahaja.

Beberapa opsi kompetensi dasar yang dapat dilakukan secara daring dan #dirumahaja adalah kompetensi dasar kebugaran jasmani. Dengan video conference guru dan peserta didik dapat bertatap muka meski hanya melalui layar telepon seluler atau komputer jinjing setidaknya guru masih dapat memonitor proses pembelajaran. Melalui video conference, guru dapat menyampaikan materi tentang model-model latihan untuk meningkatkan komponen-komponen kebugaran jasmani seperti, kekuatan, daya tahan, power, kelentukan, keseimbangan, kecepatan, dan koordinasi. Guru mendemosntrasikan gerakan sederhana dengan alat yang ada di rumah kemudian siswa melakukan gerakan-gerakan tersebut dengan pengawasan guru.

Kemudian pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK, guru juga dapat menyampaikan materi tentang aktivitas ritmik. Bergerak bersama-sama dengan koordinasi gerak yang baik, teknik yang baik, dan penuh semangat diiringi dengan irama musik yang ditentukan. Dalam hal ini pemilihan irama musik seyogyanya dengan lagu-lagu daerah sebagai bentuk pendidikan cinta tanah air dan melestarikan kearifan lokal negeri tercinta.

Satu lagi tentang kompetensi dasar apa yang cocok dengan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PJOK adalah beladiri. Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran PJOK terdapat klausa yang menjelaskan bahwa materi beladiri disesuaikan dengan kompetensi guru yang mengajar. Bisa pencak silat, karate, taekwondo, atau beladiri lainnya. Akan lebih mengasyikkan lagi jika guru dapat memodifikasi materi pembelajaran. Mengkombinasikan antara kompetensi dasar aktivitas ritmik dan kompetensi dasar beladiri. Peserta didik melakukan gerakan-gerakan beladiri dengan diiringi irama musik dengan koordinasi gerak yang baik.

Meski pembelajaran jarak jauh, kegiatan pembelajaran keterampilan PJOK tetap dapat berjalan, sehingga tak ada alasan untuk tidak terlaksana. Beberapa gambaran mengenai kompetensi dasar yang tepat dan dapat dilakukan secara daring adalah bentuk adaptasi dalam mengahadapi pembelajaran jarak jauh khususnya mata pelajaran PJOK. Adaptif dan tetap bergerak aktif bersama-sama. (prp)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x