Mohon tunggu...
Prama Putranto
Prama Putranto Mohon Tunggu... Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tetap Bergerak Aktif Meski Pembelajaran Jarak Jauh

8 Juli 2020   15:01 Diperbarui: 8 Juli 2020   14:56 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Bergerak Aktif Meski Pembelajaran Jarak Jauh
Pembelajaran PJOK Sebelum Pandemi - Dokumen Pribadi

Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di masa pandemi merupakan solusi tepat. Dengan prinsip kesehatan dan keselamatan jiwa peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat yang harus dikedepankan akan menjadi langkah efektif untuk memutus mata rantai persebaran covid19 di era normal baru yang ternyata angkanya semakin mengalami peningkatan.

Meski pembelajaran jarak jauh tidak dapat memenuhi seluruh aspek pendidikan namun setidaknya pembelajaran jarak jauh merupakan upaya untuk menjaga keselamatan generasi muda penerus bangsa ke depannya.

Pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) perlu mengkaji kompetensi dasar apa saja yang tepat untuk dapat dilaksanakan secara daring. Harapan agar peserta didik tetap dapat bergerak aktif perlu disiasati dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memang menemui berbagai macam tantangan yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana. Tak dapat dipungkiri biaya untuk membeli paket data internet mengalami peningkatan dari biasanya. Sinyal buruk masih sering menghambat kegiatan pembelajaran jarak jauh. Kemudian penggunaan aplikasi pembelajaran daring masih belum dikuasai dengan baik. Hal-hal tersebut membuat angka partisipasi pembelajaran jarak jauh sangat rendah.

Untuk mata pelajaran PJOK sendiri guru akan selektif dalam memilih kompetensi dasar apa yang tepat dan sesuai dengan prinsip physical distancing dan tentunya dapat dilakukan #dirumahaja dengan mudah sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik, materi terserap secara optimal, dan tentunya peserta didik tetap dapat bergerak aktif. 

Materi olahraga yang dapat dilakukan secara daring dengan prinsip physical distancing adalah olahraga individu. Sebagai contoh materi yang tepat dalam pembelajaran PJOK daring adalah materi kebugaran jasmani, beladiri, dan aktivitas ritmik untuk materi praktik.

Pembelajaran dikemas sebaik mungkin kemudian disampaikan melalui video conference menggunakan zoom, google meet, webex, microsoft 365 atau aplikasi lainnya yang mudah diakses oleh peserta didik. 

Guru dapat memandu dan mendemonstrasikan gerakan-gerakan pada kompetensi dasar yang disampaikan dalam pembelajaran. Dengan begitu kegiatan pembelajaran PJOK praktik akan tetap dapat dilakukan dan tentunya guru dapat mengawasi proses pembelajaran secara optimal meskipun secara daring.

Sebuah harapan agar peserta didik tetap bergerak aktif dapat terealisasi pada mata pelajaran PJOK meski dilakukan secara daring. 

Salah satu tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan meningkatkan keterampilan gerak peserta didik setidaknya akan ada perkembangan yang dirasakan meskipun pembelajaran jarak jauh tidak dapat secara optimal memenuhi seluruh aspek dari pendidikan yang sesungguhnya. 

Namun bagaimanapun juga kegiatan pembelajaran dan pendidikan harus tetap berjalan sesulit apapun kondisinya. Kuncinya adalah adaptif dan tetap semangat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (prp)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x