Mohon tunggu...
Prajna Dewi
Prajna Dewi Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru yang terus berjuang untuk menjadi pendidik

Humaniora, parenting, edukasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pentingnya Memilih Sekolah dengan Nilai Humanis sebagai Tempat Anak Belajar

10 November 2022   10:15 Diperbarui: 12 November 2022   08:59 1225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi siswa sedang belajar di kelas.| Dok: Pintek via Kompas.com

“Ma, bersyukur banget aku, dosen di kampusku baik semua lho. Beda banget dengan yang aku lihat di Tik-Tok, curhatan orang tentang dosennya serem-serem, arogan…” celoteh Si Bungsu.

Emang dosenmu kenapa, habis kuliah tiba-tiba memuji gini?” aku mulai kepo

“Tadi kita presentasi, waktunya lebih singkat sedikit dari biasa, karena Ibu dosennya ada rapat pembahasan yudisium. Eh, Ibunya minta maaf lho Ma, Ibu minta maaf bikin kita jadi terburu-buru…” jelasnya.

Di lain waktu, ia bercerita, ada dosen yang minta maaf karena terpaksa mengganti jadwal kuliah, juga ada dosen yang secara demokratis menawarkan mahasiswa memilih waktu pengumpulan tugas.

Di sisi lain, di masa orientasi para mahasiswa baru, diajarkan tata-cara berbicara kepada para dosen dan senior. Kalimat seperti “Selamat pagi Bu, saya ….., izin bertanya…, dst” merupakan format baku jika mereka mau bertanya, baik secara langsung ataupun via teks.

Diam-diam aku pun turut bersyukur anakku menempuh pendidikan di kampus yang menanamkan nilai humanis, bukan semata fokus pada nilai akademis.

Memangnya penting lembaga pendidikan yang peduli pada nilai humanis?

Banyak definisi tentang nilai humanis, namun secara sederhana dapat kita katakan nilai humanis adalah nilai yang mengajarkan kita untuk “memanusiakan manusia”. Memperlakukan manusia sebagaimana seharusnya.

Sumber: Freepik.com
Sumber: Freepik.com

Buat saya pribadi, sangatlah penting memilih lembaga pendidikan yang peduli pada nilai humanis untuk anak-anak, karena banyak sekali manfaatnya, antara lain:

1. Potensi anak akan berkembang maksimal

Saya teringat seorang penulis, guru dalam dunia pendidikan yang sangat saya kagumi, Bapak Munif Chatib, yang menulis banyak buku, di antaranya “Sekolahnya Manusia” dan “Gurunya Manusia”. Di dalamnya tertulis bahwa semua anak istimewa, semua anak memiliki potensinya masing-masing.

Yang dibutuhkan anak-anak tersebut adalah sekolah dan guru yang memperlakukan mereka sebagai manusia. Sehingga setiap anak dapat berkembang menggali potensi, mencapai kualitas maksimalnya masing-masing dan menemukan jati dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun