Mohon tunggu...
Prajna Dewi
Prajna Dewi Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru yang terus berjuang untuk menjadi pendidik

Humaniora, parenting, edukasi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Membantu Anak Indigo

24 Mei 2022   05:30 Diperbarui: 28 Mei 2022   13:36 1487 93 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Freepik.com

Wina bingung, sejak menginjak usai 40 hari, Didi, bayinya mendadak berubah pola tidurnya. Dari pagi sampai sore hari selalu tidur nyenyak. Tapi malam sampai menjelang subuh, selalu bangun dan minta digendong. 

Harus selalu didekap, begitu dibaringkan di ranjang, Didi langsung menangis dengan suara sangat keras yang sanggup membangunkan seisi rumah. Pemeriksaan secara medis menunjukkan tidak ada masalah dengan Didi, karena bingung maka Wina membawa Didi ke “orang pintar” untuk melihat ada masalah apa.

Menurut “Orang Pintar", Didi bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh manusia biasa. Sejak awal kehamilan, memang Wina sudah merasakan keanehan, Ia mendadak bisa melihat berbagai penampakan. 

Anehnya Wina tidak merasa takut, padahal sebelumnya ia sama sekali tidak punya kemampuan ataupun intuisi terhadap alam gaib. Kemampuan Wina melihat berbagai penampakan hilang ketika Didi berusia 40 hari.

Masih menurut “Orang Pintar” tersebut, Didi memang sudah ditakdirkan menjadi anak yang memiliki kemampuan lebih dan kelak akan banyak membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Sehingga tidak ada yang bisa dilakukan untuk “menutup” intuisi Didi. Artinya Wina harus membiasakan diri menjadi ibu dari seorang anak indigo.

Apa Itu Anak Indigo?

Kata indigo, berasal dari Bahasa Spanyol “Indigo” yang berarti nila, warna biru keungu-unguan. Di tahun 1970, seorang ahli parapsikologi, guru dan juga konselor yang bernama Nancy Ann Torp memperkenalkan istilah indigo.

Nancy menulis buku “Understanding Your Life Through Color” yang menjelaskan bahwa manusia ini memiliki aura, lapisan energi yang dapat dilihat sebagai cahaya atau warna tertentu yang merupakan karakteristik dari si pemilik aura tersebut. Dikatakan bahwa aura biru dan ungu menunjukkan kemampuan intuisi yang tinggi, dan ini pulalah yang merupakan aura dominan pada anak indigo.

Anak indigo, sebutan yang diberikan pada anak-anak yang menampilkan perilaku yang berbeda dari anak umumnya. Dikatakan mereka imajinatif dan memiliki intuisi yang sangat tajam, peka terhadap energi, dan beberapa anak indigo bisa melihat atau mendengar suara yang tidak dapat ditangkap manusia pada umumnya. Dalam bahasa sederhana, bisa disebut bahwa mereka memiliki indera ke enam.

Apa Ciri-Ciri Anak Indigo?

Secara fisik anak indigo tidak berbeda dengan anak lain pada umumnya. Namun ada penelitian yang menemukan bahwa otak kanan anak indigo lebih dominan, sehingga mereka sangat kreatif, imajinatif, dan memiliki kemampuan yang baik di bidang seni. Mereka juga terkenal cerdas dan memiliki daya ingat yang tajam.

Secara emosi, cukup banyak anak indigo yang emosinya tidak stabil, mudah bereaksi dan marah. Bisa jadi ini sebagai reaksi yang timbul atas sikap orang-orang di sekitarnya dalam menanggapi perilaku anak indigo.

Ya, terkadang anak indigo bisa berteriak menangis ketakutan karena “melihat penampakan”, atau malah asyik memperhatikan dan berbincang-bincang dengan “seseorang”. Dan orang sekitarnya malah memarahi dan menegur dengan keras karena menganggap anak ini berkhayal atau bahkan dianggap berbohong untuk mencari-cari perhatian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan