Mohon tunggu...
PPPA Daarul Quran
PPPA Daarul Quran Mohon Tunggu... Lembaga Amil Zakat Nasional dan Wakaf PPPA Daarul Qur'an

Lembaga yang bergerak pada penghimpunan dan penyaluran donasi untuk pemberdayaan sosial, dakwah dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Daarul Qur'an Akan Bangun Pesantren di 8 Wilayah

19 April 2021   13:45 Diperbarui: 19 April 2021   14:33 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daarul Qur'an Akan Bangun Pesantren di 8 Wilayah
Dok Daarul Qur'an

Dengan menggenggam mimpi besarnya yakni membangun 100 pesantren tahfizh di Indonesia dan lima benua, Daarul Qur'an terus berikhtiar untuk mewujudkan impiannya itu. Hari ini, Daarul Qur'an tengah merintis pembangunan pesantren tahfizh di delapan lokasi, yakni Tangerang, Bogor, Serang, Purwakarta, Bandung, Jambi, Banyuwangi dan Kalimantan Utara.

Pimpinan Direktorat Zakat dan Wakaf Daarul Qur'an, Ustadz Muhammad Anwar Sani mengatakan bahwa pembangunan di delapan titik tersebut sedang diupayakan oleh Daarul Qur'an. Beberapa pesantren seperti di Tangerang, Bandung, Jambi, Banyuwangi dan Kamilantan Utara akan dibangun ruang kelas tambahan. Sedangkan di Bogor, Serang dan Purwakarta memulai pembangunannya dari awal.

Ia menambahkan, antusiasme masyarakat yang ingin mendaftarkan anak-anaknya ke Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an menjadi salah satu alasan pembangunan kedelapan pesantren tersebut. 

"Di sini (Tangerang), insyaAllah, akan dibangun lagi kelas-kelas karena alhamdulillah, antusias masyarakat yang mendaftarkan anak-anaknya di Daarul Qur'an terus meningkat," ungkap Ustadz Anwar Sani.

Untuk pesantren yang memulai pembangunannya dari awal, pihaknya memprioritaskan pembangunan masjid terlebih dahulu sebelum bangunan lainnya. Hal itu sesuai dengan apa yang Rasulullah praktikkan saat membangun Masjid Quba di Madinah, Arab Saudi, ketika hijrah dari Mekah.

"Kita membangun baru yang ada di Serang, alhamdulillah, di sana kita sudah memiliki lahan 10 hektar yang dimulai dengan pembangunan pertama sebuah masjid," tutur Rektor Institut Daarul Qur'an itu.

Saat ini, Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an telah memiliki santri sebanyak 6.000 lebih yang tersebar di berbagai wilayah. Jumlah tersebut belum diakumulasikan dengan santri Rumah Tahfidz dan Qur'an Call yang hingga saat ini jumlahnya telah mencapai puluhan ribu.

Dengan jumlah santri yang sebanyak itu, Ustadz Anwar Sani mengajak masyarakat untuk meraih keberkahan dari para penghafal Al-Qur'an dengan menjadi bagian dari pembangunan delapan pesantren tersebut. Sebab, setiap ayat, doa dan seluruh ibadah yang nantinya mereka lakukan di pesantren akan mengalirkan kebaikan berlimpah kepada setiap pendermanya.

"InsyaAllah, keberkahannya akan mengalir kepada siapapun yang ikut berpartisipasi," ucapnya.

Harapannya, dengan dibangunnya pesantren tahfizh di berbagai wilayah tersebut, akan melahirkan jutaan penghafal Al-Qur'an. Sehingga Indonesia pun akan menjadi negeri yang Allah berkahi lantaran para penghafal Al-Qur'an yang tersebar di setiap pelosok. []

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x