Posma Siahaan
Posma Siahaan internist

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

"Dijewer" Youtube karena Sembarangan "Memakai" Katy Perry

7 Desember 2018   16:55 Diperbarui: 7 Desember 2018   18:14 391 11 4
"Dijewer" Youtube karena Sembarangan "Memakai" Katy Perry
Peringatan Youtube(dok.pri)

Dua hari yang lalu saya sempat kaget ada email dari youtube yang berisi peringatan seperti diatas, intinya, video klip saya yang mendokumentasi kegiatan hari diabetes sedunia di Rumah Sakit Myria Palembang pada tanggal 10 November 2018 lalu, diberi peringatan dan "claim" dari WMG, label dari lagu Katy Perry "Firework" yang dipakai oleh tim pengedit liputan ini.


Namun pihak youtube menyatakan saya belum ada masalah serius sementara ini karena video-video yang saya tayangkan dengan iklan-iklan yang berseliweran diantaranya selama enam tahunan ini masih cukup untuk mengatasi klaim pihak Katy Perry.

Disarankan oleh mereka, lain kali kalau mau memakai aransemen musik atau lagu untuk mengisi "postingan" saya, pakailah lagu-lagu yang ada di "YouTube Audio Library " karena dipastikan sudah aman bagi mereka dan bagi sipemuat video.

Apa yang terjadi kalau pihak Katy Perry serius menuntut royalti atau menuntut pidana atas pemakaian lagunya ini? Menurut youtube mereka dengan berat hati menghapus video tersebut kecuali saya dapat membuat alasan yang kuat mengenai hak saya memakai lagu itu.

Maka, jangan main-main ternyata memakai karya orang di media sosial. Minta ijin lebih bagus, buat "cover" dengan keterangan itu "cover version" lebih aman, kalau bisa mengiringi memakai musik karya sendiri itu "super sekali".

dari FB Kompal
dari FB Kompal