Mohon tunggu...
Popi Radayani Sitanggang
Popi Radayani Sitanggang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan Nama saya Popi Radayani Sitanggang dari Teknologi Hasil Perikanan Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberian Pelatihan Pembuatan Steak Ikan Kakap untuk Membantu Mengurangi Kasus Stunting di desa Bandarharjo

10 Agustus 2022   14:05 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:29 54 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

(Semarang,26/07/2022)- Ikan kakap kaya akan asam lemak omega-3. Berkat asam lemak tersebut, The American Heart Association mengatakan bahwa dengan makan ikan ini secara teratur, dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan kolesterol darah tinggi.

Pelaksanaan KKN Tim II UNDIP di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan untuk keberjalanan Program KKN itu dilakukan dengan hybrid dikarenakan masih adanya angka kasus positif Covid-19.

KKN dilaksanakan mulai tanggal 05 Juli -12 Agustus 2021 dengan mengusung tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi COVID 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". Sasaran yang dituju oleh Popi yaitu perwakilan ibu-ibu PKK dari setiap RW yang ada di desa Bandarharjo.

Popi Radayani Sitanggang yang kerap disebut Popi yang merupakan salah satu mahasiwa KKN dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro untuk melaksanakan program kerja KKN-nya yaitu membagikan pengetahuan tentang pengolahan hasil perikanan kepada masyarakat beserta buku resep yang berisi berbagai produk olahan ikan sebagai sumber informasi dan edukasi pentingnya mengonsumsi ikan untuk meningkatkan imun tubuh selama pandemi Covid-19. 

Sasaran wilayah KKN yang dituju Popi tidak lain adalah wilayah sekitar di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Berbagi resep produk yang diperkenalkannya yaitu Pembuatan Steak Ikan Kakap

Alasan kegiatan ini dilakukan karena program kerja tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendukung gerakan kampanye Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) yaitu GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Kampanye ini diluncurkan oleh KKP sebagai upaya untuk meningkatkan gizi masyarakat Indonesia dengan mengonsumsi ikan sekaligus menumbuhkan minat masyarakat agar lebih gemar makan ikan. 

Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat juga tentunya. 

Ikan juga mengandung sejumlah vitamin yang sangat baik untuk imun tubuh sehingga ikan sangat cocok dijadikan menu makanan sehari-hari terutama di saat dan tentunya diharapkan juga menjadi sebuah jalan baru untuk pencehagan stunting pada anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan