Mohon tunggu...
Pollung Sinaga
Pollung Sinaga Mohon Tunggu... Guru - Pembelajar | Konten Kreator

Menulis adalah satu cara memberi tanpa meminta, menabur benih tanpa mengharapkan panen. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil (2nd Mile).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Awan Penggerak, Apaan Tuh?

24 Maret 2024   21:46 Diperbarui: 24 Maret 2024   21:55 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah penggerak dan guru penggerak sudah mulai akrab di telinga kita, bagaimana dengan Awan Penggerak? Oh ya, apa ini gak salah nama, yang ada kan awan cumulus, stratus, nimbus, dan cirrus!

Ternyata, Awan Penggerak merupakan suatu piranti yang dirancang untuk membantu dan memudahkan guru-guru di wilayah khusus untuk belajar walau tidak tersedia jaringan internet. Sistem Awan Penggerak sudah diujicoba di 6 provinsi: Papua Barat, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Aceh.

Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Bila Anda adalah guru atau kepala sekolah tentu sudah tahu Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM sudah banyak memberi manfaat bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di tanah air. Dengan mudah guru dapat mengakses berbagai fitur berisi informasi, referensi, dan inspirasi seputar kurikulum merdeka seperti Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, bercengkerama dalam Komunitas, berbagi Aksi Nyata dan Praktik Baik, menikmati Video Inspirasi, dan yang terbaru Pengelolaan Kinerja.

Kemudahan memperoleh informasi, referensi, dan inspirasi seputar dunia pendidikan dan kurikulum merdeka tadi hanya bisa Anda nikmati bila tersedia jaringan listrik dan internet. Bagaimana bila sekolah atau daerah tinggal Anda terkategori 3T: Tertinggal, Terdepan, Terluar, minus jaringan listrik dan internet, atau hanya bisa diakses dengan memanjat pohon tertinggi di kampung Anda? Hehehe...

PMM versi Offline

Untuk menyiasati hal tersebut, Kementerian Pendidikan menyediakan satu sistem bernama Awan Penggerak, satu sistem yang membantu pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengakses PMM tanpa perlu jaringan internet. Awan Penggerak menjadi solusi untuk mempercepat pemerataan akses dan mutu layanan pendidikan serta menjamin keadilan antar PTK di daerah yang memiliki kendala jaringan internet.

Awan Penggerak menyajikan informasi yang dikemas dalam bentuk buku bacaan elektronik, artikel, video pembelajaran, regulasi, pelatihan mandiri, dan sumber belajar lainnya.

Awan Penggerak merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh Guru, Kepala Sekolah, dan Siswa mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB untuk mengakses informasi, referensi, dan inspirasi yang ada dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Awan Penggerak merupakan sebuah sistem berbasis local host atau server lokal sehingga dalam pemanfaatannya tidak perlu terhubung jaringan internet atau dapat diakses secara offline. Laptop atau komputer sekolah hanya perlu di-install dengan sistem Awan Penggerak sehingga guru dapat mengakses fitur-fitur yang ada di PMM seperti Pelatihan Mandiri, Asesmen Murid, Perangkat Ajar, atau Video Inspirasi.
Nah, bagaimana cara login ke sistem Awan Penggerak? Sekolah di 6 provinsi uji coba tadi bisa langsung berkomunikasi dengan admin lokal agar sekolah memperoleh kode user dan password.

Selamat berselancar di awan cumulus, eh bukan, Awan Penggerak!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun