Upaya Telkom Selesaikan Masalah Kabel Laut Jasuka
Siapa yang sempat merasakan gangguan pada layanan Telkom yaitu IndiHome dan Telkomsel kemarin? Ya, memang benar, terdapat gangguan jaringan yang menyebabkan para pelanggan IndiHome dan Telkomsel tidak dapat menggunakan internet sebagaimana mestinya. Termasuk saya di rumah.
Tentunya hal tersebut menjadi masalah bagi banyak orang apalagi TelkomGroup memiliki pelanggan yang mayoritas di Indonesia. Kita yang mungkin terbiasa dengan notifikasi tiap beberapa menit, jika tanpa internet, gawai mungkin akan terasa sunyi.
Saya penasaran apa yang terjadi mengingat sangat jarang terjadi gangguan seperti ini yang skalanya hingga menjadi pembicaraan di media sosial hingga trending. Â Mungkin banyak yang mencari mengenai berita terkini Telkom.
Setelah saya cari tahu, ternyata pihak TelkomGroup mengidentifikasi akan adanya pusat gangguan yang berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.
Tepatnya Layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia memang bermasalah pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam -- Pontianak.
Wah pantas saja ya banyak yang merasakan gangguan tersebut. Namun, tidak menunggu lama, para teknisi TelkomGroup bergegas menuju lokasi kejadian.
Dengan segala persiapan dan perlengkapan, mereka berupaya maksimal menghubungkan kembali infrastruktur jaringan internet yang kini sudah menjadi kebutuhan utama ratusan juta jiwa di seluruh Indonesia.
Kejadian-kejadian seperti ini memang merupakan di luar kendali kita sebagai manusia. Kadangkala, ada saja hal-hal yang menyebabkan saluran atau sambungan fasilitas umum menjadi rusak. Misalnya kabel listrik, pipa PDAM, dan lain sebagainya.
Biasanya, penyebab kerusakan dapat terdeteksi jika dekat dengan daratan, namun jika sampai pada kabel bawah laut? Mungkin akan bisa memakan waktu lama dalam perbaikan.
Namun, Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, "Sejak kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala."
Sejak terjadinya gangguan, memang para Teknisi TelkomGroup segera mencari solusi dengan melakukan rerouting traffic sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Hal tersebut termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.