Mohon tunggu...
Podluck Podcast
Podluck Podcast Mohon Tunggu... Jaringan podcast yang fokus pada dunia kreatif di Indonesia, seperti seni, ilustrasi, buku, film, dan lainnya.

Podcast yang tergabung di dalam Podluck Podcast bisa didengarkan di Spotify, Youtube, dan platform pemutar podcast lainnya. Podcast buku: Podcast Main Mata, Podcast Buku Kutu. Podcast film: Cinema Paradisco. Podcast seni: Podluck Podcast.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sandiwara Sastra, Alih Wahana Karya Sastra ke Bentuk Audio yang Melibatkan 27 Sineas

9 Juli 2020   16:25 Diperbarui: 9 Juli 2020   16:29 184 3 0 Mohon Tunggu...

Senang sekali mendengar kabar ada sebuah inisiatif sastra baru yang menggunakan platform podcast! Jadi, Kemendikbud berkolaborasi dengan Yayasan Titimangsa dan Kawankawan Media meluncurkan podcast Sandiwara Sastra yang merupakan alih wahana karya sastra Indonesia ke dalam medium audio. Tujuannya untuk memperkenalkan dan menghidupkan karya-karya sastra Indonesia.

Ada 10 karya sastra yang diangkat di tahap pertama program ini, yaitu novel Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari), novel Helen dan Sukanta (Pidi Baiq), cerita pendek Kemerdekaan (Putu Wijaya), cerpen Menunggu Herman (Dee Lestari), cerpen Berita dari Kebayoran (Promoedya Ananta Toer), novel Lalita (Ayu Utami), cerpen Seribu Kunang-kunang di Manhattan (Umar Kayam), cerpen Persekot (Eka Kurniawan), novel Layar Terkembang (Sutan Takdir Alisjahbana), dan novel Orang-orang Oetimu (Felix K. Nesi).

Hampir semuanya diperankan oleh aktor profesional yang sudah biasa bermain di film layar lebar, seperti Adinia Wirasti, Ario Bayu, Asmara Abigail, Atiqah Hasiholan, Chelsea Islan, Chicco Jerikho, Christine Hakim, Eva Celia, Happy Salma, Iqbaal Ramadhan, Jefri Nichol, Lukman Sardi, Lulu Tobing, Marsha Timothy, Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Nicholas Saputra, Oka Antara, Pevita Pearce, Reza Rahadian, Rio Dewanto, Tara Basro, Vino G. Bastian, dan Widi Mulia. Juga ada Najwa Shihab yang eksplorasi kemampuannya di dunia sandiwara audio.

Sandiwara Sastra ini bisa didengar di Podcast Budayakita mulai 8 Juli 2020. Untuk episode pertama, mereka mengalihwahanakan cerpen Mencari Herman karya Dee Lestari yang diperankan oleh Widi Mulia (Narator), Ario Bayu (Abang), dan Pevita Pearce (Hera).

Dengarkan bab podcast buku Podcast Main Mata yang satu ini untuk tahu lebih banyak soal Sandiwara Sastra di Podcast Budayakita dan pendapat dari host Patricia Wulandari dan seorang teman sesama podcaster buku Arnellis (Podcast Ceritanya Pendek, Artinya Panjang) tentang episode pertama Sandiwara Sastra Mencari Herman karya Dee Lestari.

VIDEO PILIHAN