Mohon tunggu...
PMM 83 UMM
PMM 83 UMM Mohon Tunggu... Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM kali ini dilakukan di RT 26 jln kampung tator, Desa Singa Gembara, Kec. Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sosialisasi Pembuatan Handsanitizer Secara Mandiri oleh PMM UMM 83

25 Oktober 2020   18:19 Diperbarui: 25 Oktober 2020   18:33 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Pembuatan Handsanitizer Secara Mandiri oleh PMM UMM 83
kegiatan-sosialisasi-dengan-warga-desa-singa-gembara-mengenai-pembuatan-handsanitizer-secara-mandiri-kepada-warga-oleh-kelompok-83-gelombang-11-pmm-umm-5f955e6bd541df44172e4695.png

Kelompok 83 Gelombang 11 Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan sosialisasi cara pembuatan handsanitizer secara mandiri dan juga pembagian handsanitizer kepada warga RT 26, Desa Singa Gembara, Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, kemarin.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian anggota PMM kelompok 83, mahasiswa angakatan 2017 UMM terhadap warga dalam mencegah penularan Covid-19. Karena sebagaimana kita ketahui bersama pandemik Covid-19 ini belum berakhir, sehingga dibutuhkan kesadaran bersama terutama masyarakat dalam menjaga dirinya dan lingkungannya.

"Program sosialisasi pembuatan handsanitizer secara mandiri ini kami lakukan sebagai bentuk upaya kami dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Singa Gembara dalam rangka pencegahan terhadap virus corona yang masih menjadi momok besar bagi masyarakat di dunia" ujar Ahmad Yudha Syahrir ketika sosialisasi yang didakan di rumah salah satu warga RT 26 Desa Singa Gembara.

kegiatan-sosialisasi-dan-pembagian-handsanitizer-kepada-warga-desa-singa-gembara-oleh-kelompok-83-gelombang-11-pmm-umm-5f955e9d8ede4827ad1b3ca4.png
kegiatan-sosialisasi-dan-pembagian-handsanitizer-kepada-warga-desa-singa-gembara-oleh-kelompok-83-gelombang-11-pmm-umm-5f955e9d8ede4827ad1b3ca4.png
Ahmad Yudha Syahrir menjelaskan cara-cara membuat Handsanitizer dengan menggunakan bahan-bahan yang sesuai anjuran dari World Health Organization (WHO). Bahan-bahan tersebut berupa; isopropyl dengan kandungan alkohol 90%, gel lidah buaya, dan eseential oil. Bahan-bahan tersebut bisa dijumpai di apotik yang ada di Desa Singa Gembara. Contoh dari produk gel lidah buaya seperti aloevera yang biasa dipakai sebagai masker kecantikan ataupun produk --produk yang ada di toko retaol sedangkan minyak essential oil seperti tea tree oil, lavender oil, atau air lemon.

 " Dalam kegiatan sosialisai ini kami mengharapkan agar warga Desa Singa Gembara dapat membuat Handsanitizer dirumah mereka masing-masing dengan tujuan agar warga Desa Singa Gembara dapat menjaga diri sendiri dan juga anggota keluarga yang mereka cintai," jelas Ahmad Yudha Syahrir. 

Yudha menambahkan, bahwa dalam kegiatan sosialisasi ini kami juga membagikan Handsanitizer kepada mereka selaku warga Desa Singa Gembara untuk dibawa dalam setiap kegiatan mereka. Sosialisasi ini juga kami selingi dengan kegiatan edukasi kepada warga mengenai tata cara cuci tangan yang baik dan benar.

Dalam kegiatan sosialisasi handsanitizer ini, kami selaku kelompok 83 PMM UMM selalu dibimbing oleh Bapak Drs. Mohammad Jufri ST., MT selaku dosen pembimbing lapangan kami. (Riz)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x