Mohon tunggu...
PMM UMM 46 NGENEP
PMM UMM 46 NGENEP Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 46 Gelombang 6 di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menghias Kampung Tangguh oleh Mahasiswa PMM UMM Kelompok 46 di Desa Ngenep

2 Juli 2021   13:00 Diperbarui: 2 Juli 2021   13:02 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menghias Kampung Tangguh oleh Mahasiswa PMM UMM Kelompok 46 di Desa Ngenep
dokumentasi pribadi

Menghias kampung tangguh adalah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok PMM 46 untuk membuat kampung agar lebih terlihat indah dan nyaman saat dipandang, kegiatan menghias kampung tangguh dilakukan selama tiga hari yaitu pada tanggal16-18 juni yang dilakukan oleh kelompok kami yang beranggotakan lima orang. Kegiatan menghias kampung tangguh kami lakukan di Balai Dusun Baba'an , Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan menghias kampung tangguh dilaksanakan mulai dari membersihkaan Balai Dusun, mengganti pot dan bunga, dan masih ada beberapa bunga yang bagus dan ditata kembali, mengecat pot, dan menata kembali bunga yang sudah diganti dengan yang baru.

Kami melaksanakan kegiatan menghias kampung tangguh karena setelah survey ke lokasi, ternyata tempat yag kami datangi tidak seindah yang kita bayangkan, Balai Dusun masih kotor dan terlihat lama tidak dibersihkan, banyak kursi yang rusak dan  tidaak ditata dengan rapi, masih banyak sampah yang berserakan, dan bunga juga banyak yang mati dan tidak terawat.

Sehingga kelompok PMM kami berinisiatif untuk membersihkan Balai Dusun, mulai dari kegiatan menyapu, mengepel, dan menata kembali kursi dan meja yang tidak tertata rapi, membuang bunga yang sudah mati, mengecat pot bunga dengan nama PMM UMM 46 yang sesuai dengan urutan kelompok kami, kelompok kami juga mengganti pot dengan yang baru, dan juga mengganti bunga dengan yang baru agar terlihat lebih bersih dan segar.

Tujuan dari kegiatan menghias kampung tangguh adalah untuk mempercantik kembali Balai Dusun yang jarang dipakai oleh masyarakat sekitar, karena menurut informasi yang kita dapatkan, Balai Dusun hanya digunakan apabila ada acara tertentu saja, sehingga jarang untuk dibersihkan, apalagi banyak ruko-ruko disekitar Balai Dusun yang digunakan untuk berjualan dan letaknya juga di sebelah jalan, sehingga Balai Dusun mudah kotor dan terlihat seperti tidak terawat.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Harapan kami kepada masyarakat sekitar setelah kelompok kami membersihkan Balai Dusun agar lebih memperhatikan Balai Dusun aagar terawatt dan indah saat diihat oleh banyak orang, tidak hanya membersihkan Balai Dusun ketika ada acara saja, namun adanya kesadaran dari masyarakat sekitar untuk membersihkan 2 hari sekal maupun lebih, agar Balai Dusun terlihat bersih dan nyaman untuk dipandang oleh banyak orang. Karena Balai Dusun merupakan tempat yang sering digunakan untuk berbagai acara, sehingga sudah menjadi kewajiban semua warga untuk membersikannya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN