Mohon tunggu...
PMM Sidomulyo 88
PMM Sidomulyo 88 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Melakukan Kegitan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cegah Covid-19 PMM Kelompok 88 Membuat Sabun Cair Cuci Tangan

7 Desember 2021   19:08 Diperbarui: 7 Desember 2021   19:10 87 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 PMM kelompok 88 melakukan sosialisasi pembuatan sabun cair cuci tangan bersama adik-adik TPQ Al-Muhtady 3 di Desa Sidomulyo. Bahan-bahan yang digunakan adalah texapon, NaCl, glycerin, ekstrak daun sirih, essence nipis dan pewarna hijau. Pembuatan sabun cair cuci tangan ini ditujukan untuk menambah ilmu pengetahuan anak-anak. Kegiatan ini dilakukan bersama 15 anakTPQ Al-Muhtady 3  di Desa Sidomulyo. "Aku seneng banget bisa belajar buat sabun cuci tangan kak, seru banget." ucap salah satu adik TPQ Al-Muhtady 3.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Selain itu, PMM kelompok 88 mengajari adik-adik TPQ  untuk mencuci tangan dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan dengan baik dan benar terutama pada anak-anak. Muhammad Alie Mansub selaku koordinator mengatakan bahwa mencuci tangan perlu diterapkan sejak dini agar terbiasa menjaga kebersihan terutama tangan. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan manusia dan juga merupakan kontaminan utama dalam penyebaran penyakit. Kebersihan tangan yang baik secara signifikan mengurangi penyebaran bakteri dan kuman berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan diare, muntah dan infeksi lainnya. Pandemi covid-19 masih belum usai untuk itu penting sekali menjaga kebersihan diri agar tidak mudah terserang penyakit salah satunya dengan mencuci tangan.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Langkah-langkah mencuci tangan dengan baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir     

2. Tuang sabun cair secukupnya

3. Gosok kedua telapak dan punggung tangan kamu secara bergantian. Jangan lupa gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai bersih. Lalu, bersihkan juga bagian bawah kuku. Bersihkan kedua ibu jari tangan dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.

4. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik

5. Bilas tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan