Mohon tunggu...
PMM UMM Nefonaek
PMM UMM Nefonaek Mohon Tunggu... pmm bhaktimu negeri

pmm umm kelompok 9 gelombang 8 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PMM 9 Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Kepada Ibu-ibu PKK

22 September 2020   12:28 Diperbarui: 22 September 2020   12:38 6 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM 9 Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Kepada Ibu-ibu PKK
Dok. pribadi

Teknologi digital merupakan teknologi yang sangat berkembang pada saat ini. Semua orang dapat dengan mudah membagikan dan menerima informasi melalui media digital. Dengan adanya hal itu, tidak sedikit masyarakat mendapatkan informasi yang tidak benar atau hoax.

Maka dari itu, kelompok 9 gelombang 8 PMM Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang membuat salah satu program kerja tentang Sosialisasi tentang ' Menggunakan Media yang Baik dan Bijak '. Sosialisasi ini berada di RT 18 RW 04 Kelurahan Dabasah, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.
Hal ini dilakukan karena tidak jarang masyarakat menerima berita yang tidak benar, terutama saat pandemi Covid-19.

Covid-19 merupakan penyakit yang baru - baru ini ditemukan. Belom ditemukannya vaksin untuk penyakit ini membuat masyarakat cemas. Setiap ada kejadian meninggal, warga menerima informasi yang menghubungkan bahwa orang tersebut meninggal karena positif Covid, padahal kenyataannya tidak. Hal itu membuat warga percaya dan tidak tenang.

Sosialisasi yang dilakukan di RT 18 RW 04 Kelurahan Dabasah, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso ini meliputi bagaimana cara menggunakan media dengan baik dan bijak, tidak langsung percaya terhadap informasi yang diterima, mengkonfirmasi kepada pihak terpercaya terkait dengan informasi yang diterima, tidak asal menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara door to door menemui ibu - ibu PKK RT 18 RW 04 Kelurahan Dabasah, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso selama 4 hari. Sosialisasi ini membuat warga menjadi lebih terbuka untuk mencari kebenaran informasi terlebih dahulu sebelum membagikan informasi yang didapat, tidak lagi asal menerima informasi yang belum tentu benar lalu membagikan ke orang lain yang membuat berita bohong tersebut tersebar luas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x