Mohon tunggu...
pramillania
pramillania Mohon Tunggu... mahasiwa umm

pengabdian masyarakat umm kelompok 90 gelombang 8

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mahasiswa PMM UMM Melakukan Penyuluhan Manajemen Usaha terhadap Peternak Sapi Perah Dusun Maduarjo

18 September 2020   17:44 Diperbarui: 18 September 2020   17:55 8 0 0 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
Penyuluhan Manajemen usaha sapi perah yang di lakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengenai recording usaha peternakan sapi perah yang meliputi : pencatatan harian (produksi susu dan pemberian pakan), kesehatan ternak, reproduksi ternak, dan pengelolaan keuangan. Dengan tujuan meningkatkan pendapatan peternak untuk mewujudkan perekonomian yang sejahterah bagi peternak.

Pentingnya pencatatan produktivitas harian sapi laktasi yang kerap di anggap sepele oleh peternak. Dengan pencatatan harian produktivitas sapi laktasi, peternak dapat menentukan kebutuhan pakan yang berbeda pada setiap sapi.

Kesehatan ternak dan reproduksi ternak perlu adanya pencatatan untuk mengetahui riwayat kondisi ternak yang akan berpengaruh terhadap produktivitas ternak serta kelayakan ternak untuk tetap di pertahankan atau di afkir.

Pencatatan yang dilakukan akan selalu berkesinambungan dengan pengelolaan keuangan usaha peternakan. Melalui pencatatan itu, peternak dapat mengetahui kondisi kelayakan usaha peternakan sapi perah miliknya.

VIDEO PILIHAN