Mohon tunggu...
PMM 15UMM
PMM 15UMM Mohon Tunggu... PMM Kelompok 15

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 14 Kelompok 15 yang dilakukan di Desa Wado, Kedungtuban, Blora, Jawa Tengah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hidupkan Literasi, Mahasiswa PMM UMM Donasi Buku ke Taman Baca

19 Januari 2021   22:35 Diperbarui: 19 Januari 2021   22:39 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidupkan Literasi, Mahasiswa PMM UMM Donasi Buku ke Taman Baca
Taman Baca Desa Wado/dokpri

Rendahnya ilmu pengetahuan berdampak langsung terhadap kualitas Sumber daya Manusia (SDM) yang dimiliki suatu daerah. Salah satu faktor penyebab rendahnya lmu pengetahuan adalah rasa malas membaca yang ada di masyarakat. Berangkat dari keprihatinan karena jumlah buku yang tersedia di Taman Baca desa Wado minim dan lusuh sehingga tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa  (PMM) di Desa Wado mengumpulkan donasi atau sumbangan buku dari donatur untuk kemudian di simpan menjadi koleksi buku taman baca di desa setempat.

Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan anak-anak setempat. Dalam hal ini kegiatan diawali dengan menyebar poster donasi yang kemudian disebar melalui twitter maupun instagram. Kegiatan open donasi tersebut mendapat banyak respon positif dari pengguna twitter khususnya bagi mereka yang ingin menyumbangkan bukunya. Kegiatan donasi buku ini berlangsung selama kurun waktu satu bulan yang dimulai pada tanggal 3 juni 2018. Dan penyerahan buku pada tanggal 15 juli 2018.

Pada kegiatan tersebut setidaknya terdapat 30 judul buku yang didonasikan ke taman baca Desa Wado. Buku yang didonasikan merupakan buku-buku pembelajaran literasi dasar seperti buku CALISTUNG, buku huruf hijaiyah, dan buku mewarnai. Buku-buku yang didonasikan terdiri atas kamus bahasa inggris anak-anak, komik sains, buku cerita rakyat, cerita islami, ensiklopedia, majalah, novel anak-anak dan lain-lain. Tidak hanya buku terdapat pula peralatan alat tulis yang dapat dimanfaatkan anak-anak dalam belajar.

Penyerahan buku ke taman baca Desa Wado/dokpri
Penyerahan buku ke taman baca Desa Wado/dokpri

Dalam kesempatan tersebut Noval Zakaria selaku anggota PMM kelompok 15 menyerahkan secara langsung beberapa  buku ke Ida selaku pemilik taman baca Desa Wado. Acara penyerahan buku ini disambut baik oleh pihak perangkat desa. Melalui kegiatan donasi buku selama pandemi ini diharapkan banyak anak sekolah yang sedang melaksanakan Study from Home (SFH) menyibukkan diri dengan kegiatan membaca ketimbang bermain gadget.

VIDEO PILIHAN