Mohon tunggu...
PMM 54 Desa Kertosono
PMM 54 Desa Kertosono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Muhammadiyah Malang

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

PMM 54 Bhaktiku Negeri Selesaikan Pengecatan 120 Tong Sampah Desa Kertosono

21 September 2022   22:14 Diperbarui: 21 September 2022   22:16 51 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama perwakilan perangkat desa (Dokpri)

Kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor. Dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman, serta merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan. Sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kenyamanan dan kebahagiaan. 

Sampah merupakan masalah bagi warga maupun pemerintah, karena sampah dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Sampah bersumber dari manapun baik dari produk industry, rumah tangga, maupun lingkungan sendiri.

Dalam program kerja ini PMM kelompok 54 melakukan pengecatan tempat sampah organik dan non organik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, memudahkan masyarakat untuk membuang sampah dan warga dapat memilah sampah dengan mudah. 

Manfaat dari kegiatan ini, masyarakat Desa Kertosono dapat memberi dampak perubahan pada pola pikir untuk kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat sampah, dengan demikian akan terhindar dari segala macam penyakit yang disebabkan oleh sampah. 

Bagi lingkungan pemerintahan Desa Kertosono dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan kesehatan di masyarakat, sehingga angka penyakit akan turun. Secara langsung juga dapat meningkatkan keindahan dan kebersihan lingkungan desa Kertosono.

proses pembersihan tong sampah (Dokpri)
proses pembersihan tong sampah (Dokpri)
Pelaksanaan program kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa ini dilaksanakan di Dusun Norejo, Desa Kertosono, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pelaksanaan program kegiatan ini selama 5 (lima) hari yaitu dimulai dari tanggal 16 September 2022 sampai dengan 20 September 2022. 

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan tahap persiapan pada hari pertama tim pengabdian masyarakat melakukan pertemuan dengan aparat desa di kantor kelurahan Desa Kertosono untuk koordinasi terkait pelaksanaan, serta dilanjutkan dengan survei lokasi tong sampah dan terdapat sebanyak 120 tong sampah. 

Hari kedua tim melakukan pembelian alat yang digunakan untuk menandai tong sampah serta mencetak tulisan "organik dan non organik" untuk menandai tong sampah. Selanjutnya, hari ketiga sampai hari kelima PMM kelompok 54 melaksanakan pengecatan tong sampah. Tahap terakhir yakni finishing dari kegiatan yaitu pengecatan tong sampah dan kegiatan ditutup dengan serah terima tong sampah kepada perwakilan Perangkat Desa Kertosono.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

proses pengecatan tong sampah (Dokpri)
proses pengecatan tong sampah (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan