Mohon tunggu...
PMM KELOMPOK43
PMM KELOMPOK43 Mohon Tunggu... Mahasiswa

KELOMPOK 43 GELOMBANG 13 PMM BHAKTIMU NEGERI UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa PMM UMM Berikan Edukasi IT di Dusun Boro

5 Januari 2021   00:50 Diperbarui: 5 Januari 2021   00:56 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa PMM UMM Berikan Edukasi IT di Dusun Boro
Antusias : Para pemuda karang taruna Dukuh Boro Tretes antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dasar IT (18-19/12/2020)

Pada era new normal menghadapi pandemi Covid-19, mahasiswa Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 43 Gelombang 13 menyelenggarakan kegiatan pelatihan terkait dasar perangkat lunak komputer. Kegiatan tersebut diikuti oleh para pemuda karang taruna Dukuh Boro Tretes, Dusun Boro, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelatihan tersebut dilaksanakan di rumah salah satu tokoh masyarakat Dukuh Boro Tretes yaitu Sukadi dan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 18 hingga 19 Desember 2020.

Kegiatan pelatihan dasar perangkat lunak komputer tersebut dilaksanakan untuk menunjang kesadaran warga terhadap kemajuan teknologi. Pelatihan tersebut hanya ditujukan untuk para pemuda karang taruna dikarenakan supaya para generasi muda disana melek teknologi dan dapat menyalurkan ilmunya kepada masyarakat lain yang membutuhkan.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut masih banyak pemuda yang belum bisa menguasai penggunaan Microsoft Office. Maka dari itu, mahasiswa PMM Bhaktimu Negeri bimbingan Indri Wahyuningsih tersebut melaksanakan pelatihan khususnya terkait Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Hal itu karena, pola manajemen dalam bidang karang taruna banyak hal yang bisa dikelola secara efektif dan efisien melalui bantuan teknologi. Seperti pembuatan surat-menyurat, banner, laporan, proposal, dan untuk menunjang kegiatan presentasi.

Selain itu, kegiatan pelatihan tersebut diadakan untuk menambah produktifitas pemuda karang taruna Dukuh Boro Tretes, namun tetap menaati protokol kesehatan di dalam forum seperti menggunakan masker dan memakai handsanitizer. Para pemuda pun antusias dalam melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut. Karena, dari pelatihan tersebut mereka mendapat banyak wawasan. Para mahasiswa PMM yang turut dalam kegiatan tersebut pun bangga karena ilmu yang mereka berikan dapat diterima oleh masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x