Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu... Penulis - "Bahagia Membahagiakan Sesama"

Menulis itu Membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Peringatan Presiden AS dan Penanganan Pandemi

3 Agustus 2021   06:45 Diperbarui: 3 Agustus 2021   08:14 41 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peringatan Presiden AS dan Penanganan Pandemi
Sumber gambar: Kompas.com

 

Jakarta akan TENGGELAM dalam 10 tahun lagi ! Ini peringatan Presiden AS Joe Biden yang bikin geger. Membuat kuatir warga Jakarta, termasuk saya yang kini "Hijrah" ke luar Jawa namun masih memiliki banyak keluarga di Ibukota. 

Bagaimana cara kita menyikapinya? Jangan mengulangi kesalahan pada awal pandemi global yang mengakibatkan kelengahan dan kegagalan demi kegagalan kebijakan pengendalian pandemi.  

Akibatnya kini Indonesia justru menjadi Episentrum pandemi yang diblacklist sejumlah negara (termasuk jamaah Haji dan Umroh). Malah banyak negara mengungsikan warganya keluar dari Indonesia : Jepang, Arab Saudi, bahkan "Sekutu Ekonomi" pemerintah sekarang : China. 

Sebanyak 3,4 juta rakyat Indonesia terpapar virus Covid-19  dan mengakibatkan hampir 100 ribu orang Indonesia kehilangan nyawa. Update terakhir Worldometers per 1 Agustus 2021 menunjukkan kini Indonesia menempati urutan ke-14 dunia dalam kasus positif, 5 besar pertambahan kasus positif harian dan yang TERTINGGI (No. 1) dalam Angka Kematian Harian akibat Covid-19 yaitu + 1.568 kasus !

Tidak heran walau pejabat bilang kondisi membaik karena PPKM, tapi walau banyak ditentang rakyat kecil, PPKM Level 4 terus diperpanjang... lagi dan lagi... entah sampai kapan. 

Alih-alih mampu  mengendalikan Pandemi, yang ada justru perekonomian rakyat morat marit sehingga terjadi ledakan pengangguran, pemiskinan massal dan semakin melebarnya jurang antara yang kaya dan yang miskin. 

PERINGATAN DINI (early warning)  Presiden AS bahwa Jakarta akan tenggelam itu diamini oleh Ilmuwan yang kompeten tentang hal ini dan bicara dengan fakta, bukan retorika. Pakar Geologi dari Universitas Padjadjaran Bandung Dicky Muslim minta warga Jakarta dan semua pejabat negara untuk sadar dengan potensi Jakarta tenggelam

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Jawa Barat dan Banten itu pun yakin, pesan yang disampaikan Joe Biden tersebut telah melalui sebuah kajian mendalam. "Joe Biden sudah tepat mengingatkan. Saya pribadi  bersyukur, jadi diingatkan bersama bahwa ada masalah  dengan Jakarta," ungkap Dicky dilansir Solopos

Itu kata Ilmuwan - kalangan yang selama ini sering diabaikan peringatannya oleh para birokrat yang "keminter" dalam penanganan pandemi. Berikut ini ada pernyataan tokoh agama yang SEHARUSNYA DIDENGAR oleh para pengambil kebijakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan