Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu... "Bahagia Membahagiakan Sesama"

Menulis itu Membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hobi Baru Era Pandemi, Berburu Masker Scuba di Pasar Asemka

6 Agustus 2020   02:07 Diperbarui: 6 Agustus 2020   02:14 31 5 0 Mohon Tunggu...

Pasar Pagi Asemka merupakan pusat bisnis terbesar di Indonesia yang menjual berbagai barang aksesoris seperti tas, peralatan sekolah, mainan, boneka, dll yang "murah meriah" alias "harga miring". Biasanya dibeli oleh pedagang untuk dijual lagi. Berlokasi di kolong Flyover (Jembatan Layang) Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat di sekitar Kota Toea.

MASKER menjadi Kebutuhan wajib di masa Pandemi. Selain fungsional, juga ada "masker fashion" termasuk masker bermotif unik. Banyak dijual di kios dan lapak-lapak kaki lima di bawah Flyover Asemka. Ini menjadi lokasi shoping FAVORITKU selama Pandemi untuk "hunting" masker motif-motif keren

Paling banyak dijual adalah masker bahan scuba bermotif WAJAH. Inilah yang saya KOLEKSI (rencananya akan dipajang di tembok kamar tidur sebagai "kenang-kenangan selama masa pandemi"). 

SCUBA merupakan singkatan dari Self-Contained Underwater Breathing Apparatus (Perangkat Bernapas Bawah Air yang Berdiri Sendiri) memang aslinya dipakai untuk "scuba diving" (selam scuba) atau aktivitas di dalam air lain.

Walau gambarnya sangat variatif dan keren-keren (dari selebritis sampai tokoh-tokoh film), namun kekurangan masker jenis ini adalah bahan scuba-nya lekat (menempel) pada wajah, termasuk BIBIR, jadi agak menyulitkan untuk bicara secara jelas.

Jualan masker di Asemka adalah Grosiran, harga 1 lusin sekitar Rp 25 ribu - Rp 35 ribu (harga satuannya cuma Rp 2 ribu). Tapi ada juga yang bisa dibeli 1 buah saja (eceran), dihargai Rp 5 ribu - Rp 10 ribu, atau ambil 2 Rp 15 ribu. 

Motif masker scuba terbanyak adalah motif WAJAH. Masker Anak2 yg ukurannya kecil juga bervariasi dan banyak diminati. Ada juga jenis "Masker Ninja Full Mask" (dijual Rp 10 ribuan per buah) yg biasanya dipakai pengendara motor. 

Khusus menyongsong Hari Kemerdekaan, banyak juga dijual "produk musiman" berupa masker Merah Putih bertema kemerdekaan dan cinta Indonesia. Jadi masker juga wujud cinta tanah air.

Yuk bermasker scuba... selain untuk kesehatan, juga bikin penampilan keren (modis) lho.

*Pandji Kiansantang, 5 Agustus 2020

....

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN