Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dimensi #9: Membantu Siswa Merefleksikan dan Merayakan Belajar (10/10)

10 Desember 2022   00:05 Diperbarui: 21 Desember 2022   23:44 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dimensi #9: Membantu Siswa Merefleksikan dan Merayakan Belajar (Flickr)

DIMENSI #9: MEMBANTU SISWA MEREFLEKSIKAN DAN MERAYAKAN BELAJAR (10/10)

Ikhtisar

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pembelajaran yang mendalam membutuhkan apa yang disebut dengan keintiman dan jarak. Empat fase sebelumnya adalah tentang keintiman (lihat diagram yang diarsir). Mereka membawa siswa lebih dekat ke apa yang mereka pelajari saat mereka memperoleh, berlatih, memproses, dan menerapkan pembelajaran itu. 

Refleksi, adalah di sisi lain, mendorong siswa untuk mundur dari banyaknya detail, konsep, prosedur, keterampilan, dan tugas untuk melihat lebih jauh pembelajaran mereka. Dengan memungkinkan siswa untuk mensurvei pembelajaran mereka dari sudut pandang yang lebih luas, mereka dimberi kesempatan untuk membentuk generalisasi, membuat koneksi pribadi, dan mengajukan pertanyaan mereka sendiri tentang apa yang telah mereka pelajari. 

Ada banyak alat dan kegiatan yang dapat kita gunakan untuk menuai manfaat refleksi, termasuk pertanyaan berikut “Sekarang apa?” “Terus?” “Apa yang Anda pelajari baru saja?” “Apa artinya bagi Anda?” “Apa yang akan Anda lakukan dengan pembelajaran ini?” atau metode refleksi lainnya.

Source: From Classroom Curriculum Design: How Strategic Units Improve Instruction and Engage Students in Meaningful Learning (p. 81), by H. F. Silver & M. J. Perini, 2010a, Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press. © 2010 Thoughtful Education Press.  

Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.

1    Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

2    Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

3    Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun