Mohon tunggu...
Saepiudin Syarif
Saepiudin Syarif Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

Menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Elvis", Kejeniusan Baz Luhrmann Mengulik Kisah Elvis Presley Sang Raja Rock & Roll

25 Juli 2022   09:45 Diperbarui: 27 Juli 2022   20:30 167 27 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aktor Austin Butler memerankan legenda rock and roll Elvis Presley dalam film "Elvis". Sumber: Warner Bros

Jika Amerika disebut sebagai kiblat industri hiburan dunia sehingga banyak artis atau seniman yang bermimpi untuk menembusnya, Elvis justru kebalikannya. Bukan berarti namanya tidak dikenal di seantero dunia tapi dia tidak punya kesempatan untuk menemui penggemarnya di seluruh dunia melalui konser-konser layaknya bintang besar di segala penjuru dunia.

Ternyata semua itu karena alasan yang dibuat secara sistematis dan sangat meyakinkan dari orang terdekatnya yang mencegahnya konser di luar negeri. Orang tersebut adalah manajernya sendiri yang dikenal dengan Colonel Parker.

Itu adalah salah satu plot yang diangkat di film Elvis, film terbaru produksi Warner Brother dari sutradara brilian asal Australia yang sukses di Hollywood Baz Luhrmann.

Luhrmann menggunakan sudut pandang Colonel Tom Parker sebagai narator pembawa cerita. Diperankan oleh Tom Hanks dengan sangat brilian. Hanks mampu menghidupkan peran manajer yang penuh tipu muslihat di balik sosoknya yang penyayang, kebapakan, dan sangat peduli dengan keluarga Elvis.

Coloner Parker mengangkat ayah Elvis sebagai salah satu manajer sehingga popularitas Elvis yang menghasilkan banyak uang juga dinikmati oleh keluarganya. Elvis dan keluarganya dibuat tak berkutik dan selalu mengikuti kemauan Parker. Demi menutupi latar belakang identitas dan kecanduannya bermain judi.

Elvis diprediksi akan menjadi peraih nominasi Oscar 2023 yang kuat | Foto: IMDb.com
Elvis diprediksi akan menjadi peraih nominasi Oscar 2023 yang kuat | Foto: IMDb.com

Sementara itu Elvis digambarkan sebagai anak muda penuh talenta. Dibesarkan di masa rasisme masih kental di Amerika. Meskipun demikian Elvis justru mengenal dan mempunyai ketertarikan secara lebih dengan musik dari kaum kulit hitam yang menyanyi di gereja. 

Meskipun untuk itu sebagai anak kulit putih, awalnya dia harus mengintip dari celah-celah tenda penampungan kaum kulit hitam yang sedang beribadah. Hal ini yang membuat Elvis dekat dengan musisi kulit hitam.

Elvis tentu beririsan dengan kondisi sosial budaya dan politik Amerika saat itu, termasuk Elvis harus ikut wajib militer. Dari sinilah Elvis bertemu dengan belahan jiwanya Priscilla Presley yang menjadi istrinya dan ibu bagi anaknya, Lisa Mary Presley yang kelak menikah dengan Raja Pop Michael Jackson.

Elvis sangat terpukul dengan kenyataan bahwa Priscilla pergi meninggalkannya di saat dia yang tengah bergelut dengan kecanduan obat dan masalah musik yang tetap tidak bisa membawanya mengadakan pertunjukan keluar Amerika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan