Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Menikmati Indahnya Ciptaan Tuhan, di Hutan Dekat Pantai Mak Bagok

25 Februari 2016   18:18 Diperbarui: 26 Februari 2016   09:20 171 1 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Senja menyapa di Pantai Mak Bagok. Foto dok. Petrus Kanisius"][/caption]Minggu hingga selasa (21-23/2/2016), kemarin kami menikmati indahnya ciptaan Tuhan saat senja menyapa ketika kami  melakukan fieldtrip di hutan dekat Pantai Mak Bagok yang berdekatan dengan Pantai Pasir Mayang, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Senja menyapa di Pantai Mak Bagok. Foto 2, dok. Petrus Kanisius

Pemandangan itu tidak lain adalah indahnya matahari yang hendak tenggelam atau dengan kata lain saat senja menyapa (sore tiba). Sunset, itu mengabarkan kepada kami tentang keindahan Karya Sang Pencipta (Tuhan).  Rutinitas para nelayan dengan perahu mereka terlihat, saat sedang memasangkan pukat ikan mereka. Ada pula dari antara mereka yang mengangkat pukat-pukat mereka (jaring penangkap ikan) yang mereka pasang (membentangkan pukat di laut) ketika siangnya sembari berharap beroleh ikan. Terlihat beberapa nelayan mengambil ikan-ikan yang terperangkap dari pukatnya.

Nelayan dan pukatnya. Foto dok Petrus Kanisius

Ikan hasil tangkapan pukat nelayan. Foto dok. Petrus Kanisius

Keindahan lain dari ciptaan Tuhan tersebut adalah batu-batu yang berdiri kokoh di sepanjang tepian Pantai Mak Bagok. Berdiri kokohnya batu-batu itu sebagai penambah pesona yang sayang kami lewatkan. Beberapa diantara peserta menyempatkan diri untuk mengabadikan gambar-gambar tersebut. Sungguh indah, kata-kata itu terdengar. Hilir mudik perahu terlihat sedang berlomba-lomba melawan ombak bergulung. Namun sayangnya, keindahan batu-batu yang berdiri kokoh tersebut semakin berkurang,  beberapa diantaranya ada yang memanfaatkannya demi sesuap nasi. Tumpukan batu yang telah dipecahkan terlihat menumpuk, sepertinya telah dipecah-pecahkan oleh tukang batu.

Batu-batu yang berdiri sudah semakin sedikit. Foto dok. Petrus Kanisius

Tumpukan Batu para tukang batu. Foto dok Petrus Kanisius

Adapun kegiatan fieldtrip yang kami lakukan saat mendampingi 24 orang Sispala Repatones, SMA PL. St. Yohanes, Ketapang. Ragam kegiatan seperti belajar tentang daun (taksonomi tumbuhan), pengamatan satwa,  belajar tentang survival dan pengukuhan anggota baru Sispala Repatones. Pada kegiatan taksonomi tumbuhan, peserta diajak untuk mengenal tumbuh-tumbuhan dan praktek membedakaannya.

Belajar Taksonomi Tumbuhan. Foto dok. Petrus Kanisius 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x