Mohon tunggu...
Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Mohon Tunggu... ASN (Aparatur Sipil Negara)

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Akhir Pekan ke Panti Asuhan Nur Ikhsan Bawa Cahaya Kebahagiaan dan Kebaikan

5 Agustus 2019   16:06 Diperbarui: 5 Agustus 2019   18:49 74 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akhir Pekan ke Panti Asuhan Nur Ikhsan Bawa Cahaya Kebahagiaan dan Kebaikan
Akhir ke Panti Asuhan Nur Ikhsan Bawa Cahaya Kebahagiaan dan Kebaika (dok.Ismi)

Terdapat sebuah Panti Asuhan sederhana namun terdapat banyak syurga didalamnya, lantaran Panti Asuhan Nur Ikhsan ini menampung puluhan anak yatim piatu untuk diberikan penghidupan yang layak. Selayaknya Nabi Muhammad SAW seorang Yatim Piatu dijamin surga.

Nama Panti Asuhan Nur Ikhsan ini berarti cahaya kebahagiaan yang melahirkan kebaikan bagi penghuni dan sekitarnya.

Suatu hari di akhir pekan, kami melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Nur Iksan yang terletak di Jalan Bonto Tangga, persisnya tidak jauh dari Jalan Poros Hertasning Baru, setelah melewati Jembatan II menuju Manggarupi Kabupaten Gowa.

Kunjungan ke Panti Asuhan Nur Ikhsan (dok.Ismi)
Kunjungan ke Panti Asuhan Nur Ikhsan (dok.Ismi)
Panti Asuhan Nur Ikhsan ini menampung anak yatim piatu sekitar 40 orang berdiri sejak 2009.

Ibu Erna namanya, bersama keluarga mendidekasikan dirinya memelihara anak-anak kurang beruntung ini. Panti Asuhan ini mempunyai motto cukup memotivasi, "Janganlah Mewariskan Air Mata Kepada Generasi Kita, tapi Wariskanlah Mata Air Kebaikan Bagi Masa Depan Mereka."

Dari Panti Asuhan ini diharapkan melahirkan generasi bangsa yang mampu terjun di masyarakat dengan modal iman dan taqwa dan Iptek melalui gerakan pengasuhan dan penyantunan, merupakan visi Panti Asuhan Nur Ihsan.

"Semoga generasi penerus anak bangsa ini dapat menjalani kehidupan dengan sukses nantinya, tentu saja berbekal ilmu pengetahuan serta iman dan taqwa disertai juga kemurahan hati para donatur untuk berbagi rezeki kepada para anak panti Asuhan." Ungkap ibu Erna kepada pengunjung, Sabtu (3/8/2019).

Kesan dari kunjungan ke Panti Asuhan yaitu bersyukur bisa membantu dalam hal apapun. Sekecil apapun bantuannya, apabila dilakukan dengan ikhlas maka pahala kebaikan sebagai hadiahnya.

Boleh dikatakan suatu moment yang sangat menyenangkan. Dalam sesi berbincang bincang dengan anak-anak panti, antusias mereka sangat besar, saling sharing tentang kehidupan, berbaur dengan anak-anak yang lain, dan tidak rasa saling menjatuhkan, justru anak-anak ini saling menguatkan.

Menurut pendapat penulis manfaat yang bisa kita ambil dari berakhir pekan ke panti asuhan yang sudah dilakukan anak-anak adalah mereka dilatih bagaimana harus bisa menjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanan lingkungan Panti Asuhan dengan baik, sehingga pengunjung merasa nyaman.

Pantang menyerah, karena jika kita menyerah, selesai sudah hidup kita. Lantas nikmat Tuhan manakah yang kalian DUSTAKAN.

VIDEO PILIHAN