Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Pegawai Negeri Sipil

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Bola

Hattrick Messi, Argentina Raih Tiket Piala Dunia 2018

11 Oktober 2017   13:19 Diperbarui: 11 Oktober 2017   13:36 852 5 0
Hattrick Messi, Argentina Raih Tiket Piala Dunia 2018
piala-dunia-2018-59ddbbecbde5750d282c9aa3.jpg

Hat-trick Messi, Argentina Raih Tiket Piala Dunia 2018 (sumber gambar: https://gilabola.com)

Argentina terancam tampil di Piala Dunia 2018 di Russia. Pasalnya pada laga melawan Peru, Messi dkk hanya berakhir imbang tanpa gol, alias 0-0. Cerita itu berakhir indah usai Argentina melakoni laga hidup mati melawat ke markas Ekuador. Upaya Messi dan kawan-kawan meloloskan negaranya dari lubang jarum dan melaju ke Piala Dunia 2018 akhirnya terbayar sudah. Hat-trick Lionel Messi di pertandingan terakhir menjadi penentu, yang membawa Argentina menang 3-1 atas Ekuador.

Bermain di Stadion Athahuapla, Ekuador Rabu (11/10/2017) pagi WIB. Mengawali laga babak pertama lini belakang Argentina tampil buruk. Gawang tim Tango yang dikawal Sergio Romero bobol lebih dulu ketika waktu berjalan 40 detik menit pertama lewat gol cepat Romario Ibarra memanfaatkan operan Ordones. Kedudukan 1-0 buat Ekuador.

Argentina bukanlah negara lemah soal sepakbola, mulai Maradona hingga Batistuta berjuluk Batigol ini sukses menjaga mental mereka agar tidak jatuh.

La Albiceleste justru membalik keadaan. Menit ke-12 Pemain PSG Angel De Maria melakukan tusukan tajam dari sayap kanan lalu memasuki jatung pertahanan Ekuador, kemudian menyodorkan bola kepada Lionel Messi, dengan cekatan pemain Barcelona ini menyambar bola dan membobol gawang tuan rumah. Posisi 1-1. Belum puas memborong dua gol, pada menit ke-20, Messi mencuri bola dari penguasaan kaki pemain Ekuador. Si kutu jukukan lain Messi selain Messiah atau peruntungan, menceploskan bola ke susut kanan atas gawang saat kiper Ekuador mati langkah untuk memetik bola. Papan skor berpaling 1-2 untuk tim tamu.

Di babak kedua merupakan panggung buat Messi melanjutkan kegemilangan kakinya. Berkali-kali dia dijegal tetap menghalanginya melenggak-lenggok menggocek bola. Terbukti, kegigihannya membuahkan hasil manis di menti-62 tercipta hat-trick. menerima umpan Enzo Perez kepada Messi lalu bola digiringnya sekaligus lolos dari kawalan tiga pemain belakang lawan, kemudian melepaskan sepakan terukur memastikan kemenangan Argentina 3-1 atas tuan rumah Ekuador.

Waduh, betapa hambarnya Piala Dunia tanpa partisipasi Argentina, dimana negara tersebut dihuni pemain-pemain mahal sebut saja, Messi, Dybala, Higuain, Ageoro, Icardi, Romero dkk. Hambar bagai sayur kurang garam, otomatis persaingan menjadi berkurang. Argentina urung terancam tampil di Russia. Rajanya sepakbola Eropa Belanda justru mengalami nasib tragis. Pasalnya dua gol bersarang ke gawang Swedia belum cukup meloloskan Belanda tampil di Piala Dunia 2018, Robben dan kawan-kawan membutuhkan 7 gol.

Hasil itu membuat Argentina naik ke posisi tiga Kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan dengan raihan 28 poin dan meraih tiket langsung ke Rusia.

Makassar, 11 Oktober 2017