Mohon tunggu...
Pintania Fauziah
Pintania Fauziah Mohon Tunggu... Pintania Fauziah

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

17 April 2021   14:42 Diperbarui: 17 April 2021   15:08 47 1 0 Mohon Tunggu...

Bahasa indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat indonesia sekaligus bahasa resmi yang wajib digunakan oleh bangsa indonesia dalam berinteraksi, terutama interaksi terhadap sesama manusia. Bahasa indonesia menjadi salah satu alat untuk manusia berkomunikasi, dengan adanya bahasa indonesia manusia akan lebih mudah untuk berkomunikasi. Komunikasi digunakan untuk menyampaikan maksud tertentu dari seseorang kepada orang lain melalui bahasa,baik itu secara lisan, tulisan, maupun bahasa isyarat. Tanpa bahasa kita akan sulit untuk berkomunikasi serta menyampaikan maksud dan tujuan kepada orang lain serta berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa indonesia sangat berperan penting yaitu sebagai pemersatu yang artinya perbedaan bahasa dan kebudayaan masyarakat Indonesia dapat disatukan menjadi satu yaitu bahasa Indonesia. Bahasa sangat diperlukan dalam kehidupan sosial, tanpa adanya bahasa interaksi sosial tidak akan berjalan dengan baik. Dengan adanya bahasa interaksi sosial maka akan berjalan dengan baik. Masyarakat tidak begitu menyadari betapa pentingnya bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup beberapa fungsi bahasa yaitu : sebagai alat ekspresi diri, alat komunikasi, kontrol sosial, alat integrasi, adaptasi sosial, dan sebagai pemersatu.

Fungsi bahasa secara umum, yaitu sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri. Melalui bahasa, dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran, bahasa sebagai alat komunikasi yaitu memiliki tujuan agar para pembaca atau pendengar menjadi sasaran utama perhatian seseorang. Setelah memahami fungsi bahasa secara umum, ada juga beberapa fungsi bahasa khusus yaitu mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari. Manusia adalah makhluk sosial yang tak terlepas dari hubungan komunikasi dengan makhluk sosialnya.  Komunikasi yang berlangsung dapat menggunakan bahasa formal dan non formal,  Selain itu dapat mewujudkan seni atau sastra, bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni yaitu syair, puisi, prosa dll. Bahasa yang digunakan memiliki makna denotasi atau makna yang tersirat maka diperlukan pemahaman yang mendalam agar bisa mengetahui makna yang disampaikan.

VIDEO PILIHAN