Mohon tunggu...
Phrada Vhernando
Phrada Vhernando Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan Semester 5 di Universitas UPN Veteran Jawa Timur. Aktif dalam organisasi Koperasi Mahasiswa selama semester 1 hingga semester 4. Saya memiliki minat pada bidang finance, data analyst, dan ekonomi yang mana saya juga memiliki pengalaman magang yang mana dapat menukung saya dalam memperispkan diri dalam menghadapi dunia professional atau dunia kerja. Dalam magang tersebut saya menjadi Finance Administrator, Customer Sevice, dan Kebendaharaan yang mana dengan mengikuti magang tersebut dapat meningkatkan keterampilan saya baik hardskill ataupun softskill. Selain itu, saya sanggup bekerja dalam tim ataupun individu dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cara Pendaftaran Pembuatan KTP Digital Dispendukcapil Kota Surabaya

8 Desember 2022   02:55 Diperbarui: 8 Desember 2022   03:28 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dizaman sekarang, memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Teknologi yang begitu pesat di era globalisasi ini mempermudah dalam segala kegiatan, tak terkecuali dalam kegiatan ekonomi yang sangat mendukung baik bagi konsumen, produsen, ataupun bagi pelaku usaha. Di era saat ini teknologi memiliki perkembangan yang begitu pesat tepatnya melalui media elektronik, dengan pemnafaatan teknologi informasi yang tepat berbagai perusahaan yang kecil kini menjadi perusahaan raksasa hanya dalam kurun waktu yang singkat dengan memanfaatkan teknologi yang tepat dalam mengembangkan usahanya.

Dalam perkembangan zaman bersamaan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang cukup pesat memberikan pengaruh dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Administrasi ini tentu apabila dilaksanakan secara online akan mempermudah masyarakatnya dalam kepengurusannya. Contoh dalam pengurusan administrasi secara online yaitu dalam pengurusan KTP Digital. KTP digital ini tentu dapat digunakan dalam pembuatan hal - hal lainnya dalam pemenuhan suatu berkas - berkas yang dibutuhkan.

Tata Cara Pendaftaran Akun KTP Digital Melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital

1. Download aplikasi Identitas Kependudukan Digital di play store.

2. Buka aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang sudah di download, lalu isi NIK, Email, dan No Handphone. Kemudian klik Selanjutnya.

3.  Kemudian klik izinkan untuk mengakses kamera, untuk proses verifikasi wajah.

4.  Kemudian meminta scan barcode yang telah dikeluarkan oleh petugas kecamatan.

5. Maka nantinya akan muncul notif pemberitahuan kode pin di gmail yang sebelumnya telah didaftarkan.

6. Digmail akan muncul tombol aktivasi.

7. Kemudian kembali ke aplikasi identitas kependudukan digital dan masukan pin yang telah didapat digmail sebelumnya.

8. Halaman Home telah terbuka. Klik Data keluarga jika ingin melihat data keluarga masing - masing. Klik Dokumen untuk mengetahui KTP Digital dan Kartu Keluarga. Klik Ubah Pin untuk mengubah pin. Untuk saat ini per 1 Desember 2022, ada 3 icon tersebut yang berfungsi, untuk kedepannya akan diperbarui dan digunakan dengan semestinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun