Mohon tunggu...
Galih Pamungkas
Galih Pamungkas Mohon Tunggu... -

Weare only want to share something with you

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perbedaan Sampah Organik dan Sampah Non Organik

15 Desember 2014   17:55 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:16 12221 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sampah merupakan barang atau bahan sisa yang sudah tidak dipakai atau tidak layak guna. Sering kali orang membuangnya sembarangan, malah sebagian lagi orang membuang sampah tidak pada tempatnya dan tidak pada jenisnya. Padahal ada beberapa sampah yang tidak bisa terurai begitu saja. Ini lah yang menyebabkan terjadinya beberapa masalah lingkungan seperti banjir, polusi lingkungan, pencemaran lingkungan, penyakit dan lain sebagainya. Ada dua jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah non organik.

Sampah organik merupakan sampah sisa yang masih bisa dimanfaatkan menjadi bahan yang layak pakai lagi. Sampah ini bisa diuraikan, meski dibiarkan begitu saja sampah ini akan menghilang dengan sendirinya. Banyak contoh ini seperti sisa makanan, kulit buah, sisa masakan dari dapur dan lain sebagainya. Pemanfaatannya bisa dijadikan sebagai pakan ternak, biogas, atau lain sebagainya.

Sampah non organik merupakan sampah yang sudah dibuang dan tidak layak lagi dipakai. Sampah ini tidak bisa terurai contohnya seperti plastik, kresek, botol minuman, ember dan lain sebagainya. Meski sampah ini tidak bisa terurai, tapi pemanfaatannya bisa dikomersilkan untuk diolah kembali menjadi barang yang layak pakai. Untuk masalah sampah non organik ini harus mendapatkan perhatian dari semua orang, karena sampah ini tidak akan hancur dalam waktu yang lama meski dibakar sekalipun.

Setelah mengetahui perbedaan kedua sampah tersebut, seharusnya kita bisa tahu apa tidakan yang baik untuk kedua jenis sampah tersebut, sehingga sampah tersebut tida terbuang dengan pencuma yang bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan