Media

Pembinaan Usia Dini Lewat Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan

17 Juli 2017   14:26 Diperbarui: 17 Juli 2017   14:30 81 0 0
Pembinaan Usia Dini Lewat Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan
sumber: dok.pribadi

Usai upacara bendera rutin yang sudah menjadi agenda utama SD Kristen St.Maria Pare Kediri, siswa/siswi yang duduk di bangku kelas 4, 5 dan 6 melanjutkan kegiatan non kurikulum di lapangan sekolah. Siswa/siswi ini mendapat pelatihan dari Koramil 11/Pare, dan pelatihan ini sendiri merupakan bagian dari agenda diluar mata studi mereka, senin (17/07/2017)

Pembinaan yang langsung diawasi Danramil Pare, Kapten Arh Ajir bersama Kepala Sekolah SD Kristen St.Maria ,Rusmianto, terdiri dari 2 materi, yaitu latihan baris berbaris dan wawasan kebangsaan. Untuk latihan baris berbaris diutamakan terarah pada kesiapan siswa/siswi SD Kristen St.Maria menyambut HUT RI ke 72 ,yaitu turut berpartisipasi dalam lomba tahunan gerak jalan tingkat SD se-Kecamatan Pare dan Badas, serta tidak menutup kemungkinan juga tampil dalam lomba gerak jalan tingkat Kabupaten.

Bagi Rusmianto, ada hal yang perlu dicermati, yaitu fisik dari siswa/siswinya saat mengikuti lomba gerak jalan tingkat kecamatan, yang secara rutin SD Kristen St.Maria selalu hadir dan tampil didepan publik. Sedangkan gerak jalan tingkat Kabupaten, harus dipertimbangkan terlebih dulu, kondisi fisik dari siswa/siswinya. Menoleh kebelakang, tahun 2016 lalu, SD Kristen St.Maria terpaksa absen, karena kurang siapnya fisik siswa/sisiwinya dan hal tersebut sudah dilakukan juga pada tahun 2012 lalu. Tetapi, secara tradisi ,SD Kristen St.Maria turut ambil bagian pada 2 lomba gerak jalan ,yaitu tingkat kecamatan dan Kabupaten, seperti tahun 2015, 2014, 2013, 2011 hingga seterusnya.

Dari pengamatan sepintas Kapten Arh Ajir, nantinya siswa/siswi ini akan dibagi dalam 2 tim, yang satunya berpartisipasi di level kecamatan dan satunya lagi tampil di level Kabupaten. Untuk level Kabupaten ,diharapkan fisik siswa/siswinya lebih fit diatas yang bakal tampil di level kecamatan, karena jarak tempuh di level Kabupaten lebih jauh dibanding di level kecamatan. Harapan kedepan, siswa/siswi ini bakal tampil prima saat lomba gerak jalan dalam rangka HUT RI ke 72 digelar.

Diakhir jadwal yang sudah tersusun, Kapten Arh Ajir menyampaikan wawasan kebangsaan bertemakan "Aku Cinta Indonesia" ,dan tentu saja tema yang diangkat serta isi dari wawasan kebangsaan itu sendiri disesuaikan dengan pola pikir siswa/siswi yang masih duduk di bangku sekolah SD.