Media

Dandim Kediri Tinjau Langsung Kondisi Terkini Pasca Bencana

11 Januari 2018   21:43 Diperbarui: 11 Januari 2018   22:50 254 0 0
Dandim Kediri Tinjau Langsung Kondisi Terkini Pasca Bencana
dokumentasi pribadi

Dandim Kediri Letkol Inf Slamet Suprijanto didampingi Danramil Kepung Kapten Arm Sugito ,Kepala Desa Krenceng, Kepala Desa Damarwulan dan Kepala Desa Kencong, melihat langsung kondisi terkini pasca bencana puting beliung disertai hujan deras. Disamping itu, terlebih dahulu Letkol Inf Slamet Suprijanto juga menemui keluarga almarhum Ahmad Rosidik Fikri yang meninggal dunia saat musibah puting beliung terjadi kemarin sore dan dalam lawatannya di Desa Krenceng, secara pribadi serta atas nama Kodim 0809/Kediri menyatakan turut berduka cita atas peristiwa tersebut, kamis (11/01/2018)

Selain itu, Letkol Inf Slamet Suprijanto juga melihat langsung kondisi 3 desa yang terdampak puting beliung kemarin sore dan dari pengamatan saat itu juga, kondisi rehabilitasi jalan-jalan pedesaan sudah kembali normal, sedangkan jalan-jalan di seputaran pemukiman penduduk, sebagian masih ditemui pohon tumbang. Temuan tersebut dikarenakan konsentrasi karya bakti gabungan Koramil 13/Kepung, Polsek Kepung, BPBD dan warga setempat masih terfokus pada rehabilitasi fasilitas umum ,jalan utama pedesaan dan rumah-rumah warga. Besaran pohon yang masih terlihat relatif ukurannya, ada yang harus dipotong menggunakan mesin dan ada yang cukup menggunakan peralatan manual atau cukup menggesernya saja.

"Kita sudah mengupayakan semaksimal mungkin dengan melibatkan semua pihak, dari Koramil ada, Polsek juga ada, BPBD dan warga. Secepat mungkin akan kita bersihkan secara keseluruhan jalan-jalan yang ada diseputaran pemukiman warga," ujar Kapten Arm Sugito.

Tanaman-tanaman milik warga sebagian juga tumbang pasca puting beliung terjadi dan mayoritas tanaman pisang. Sedangkan kandang ternak, terutama sapi, kebanyakan mengalami kerusakan akibat tidak mampu menahan angin yang kencang.

"Semua pihak saling bekerjasama menyelesaikan rehabilitasi ini hingga tuntas, khususnya bangunan sekolah, rumah warga dan jalan pedesaan. Rehabilitasi sekolah harus segera diselesaikan, hal tersebut jelas sangat penting, penting untuk anak-anak yang menjalani proses belajar mengajar. Jalan-jalan yang menghambat akses akibat pohon tumbang ,harus segera dibuka kembali, kalau memungkinkan bisa menggunakan mesin, tapi kalau terbatas, diusahakan partisipasi warga setempat," terang Letkol Inf Slamet Suprijanto.