Mohon tunggu...
Petrus Rabu
Petrus Rabu Mohon Tunggu... Buruh

Harapan adalah mimpi dari seorang terjaga _Aristoteles

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kawal Masa Depan Anak dengan Bijak Menggunakan Gadget

28 Januari 2021   00:31 Diperbarui: 28 Januari 2021   01:07 139 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kawal Masa Depan Anak dengan Bijak Menggunakan Gadget
sumber foto: https://beritakite.com/lindungi-anak-tanpa-mengenalkannya-pada-gadget/

Anak merupakan harta yang tak ternilai harganya dalam rumah tangga. Kehadiraan anak tidak saja membawa kebahagian, sebagai salah tujuan utama keluarga tetapi anak juga merupakan penerus dan pewaris masa depan keluarga, bahkan masyarakat dan bangsa. 

Sebagai investasi masa depan maka perjalanan dan tumbuh kembangnya anak perlu dijaga dan dipelihara. Disini peran orang tua sangat penting sebagai guru pertama pada awal dimana anak mengenal dunia. Bak lembaran putih tanpa noda maka  peran orang sangat penting untuk membubuhkan tinta-tinta emas bagi ziarah perjalanan anak selanjutnya. 

Namun perlu diaku bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak tidak saja menjadi tanggungjawab keluarga inti, seperti ayah, ibu dan saudara-saudaranya tetapi juga factor sosial dan kondisi lingkungan sekitarnya juga menjadi penentu masa depan seorang anak. 

Globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini adalah bagian yang memiliki andil yang besar dalam pembentukan manusia, khususnya anak-anak. Oleh karena itu  perkembangan teknologi informasi yang kian mutakir ini jangan pernah dianggap remeh dan sebelah mata dalam proses pembentukan dan pertumbuhan seorang anak. 

Semua pasti  berkata  "ya" bahwa perkembangan teknologi informasi pada sisi tentu membawa dampak positif bagi kehidupan manusia tetapi disisi lain membawa dampak negatif jika disalahgunakan. Dampak-dampak negatif ini tidak saja merasuki kehidupan orang dewasa tetapi akan lebih berdampak buruk bagi kehidupan anak jika tidak diatur dengan baik  atau diluar pengawasan dan kontrol orang tua. 

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membutuhkan sikap-sikap bijak orang untuk memberi ruang akses bagi anak dalam memfaatkan teknologi informasi.  Dan salah satu produk  teknologi informasi adalah hadirnya ribuan merk gadget di tengah kehidupan kita sehari-hari.

Wikipedia berbahasa Indonesia menerangkan  gadget atau gawai adalah suatu perangkat atau alat elektronik yang berukuran relatif kecil serta memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya.

Pendapat lain menegaskan gadget adalah suatu benda elektronik yang berukuran kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Gawai adalah perangkat elektronik portable karena dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan stop kontak beraliran listrik.

Dan gawai atau gadget adalah gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah.

Ada beragam jenis gadget seperti handphone, laptop/komputer, headseat/earphone, ipad/tabled dan beragam jenis lainnya. 

Hadirnya gadget ini tentu sangat membantu manusia dari berbagai aspek seperti komunikasi, akses informasi, hiburan, pendidikan serta menambah wawasan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x