PETRUS RABU
PETRUS RABU NELAYAN DI RAJA AMPAT

Aku? Manusia biasa yang tengah berlayar dan belajar. Sambil menyelami dalamnya samudera kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Regional Pilihan

Kontribusi Kehadiran "Kang Emil" di Raja Ampat

7 Desember 2017   22:22 Diperbarui: 7 Desember 2017   22:37 984 0 0
Kontribusi Kehadiran "Kang Emil" di Raja Ampat
Jernihnya Laut Raja Ampat//foto:P_Rabu

Walikota Bandung, Ridwan Kamil atau yang familiar disapa "Kang Emil" berapa hari lalu sempat mengunjung wilayah Sorong-Provinsi Papua Barat. Selain di Kabupaten Sorong, orang nomor satu di Kota Bandung ini juga mengunjungi Kabupaten Raja Ampat-Provinsi Papua Barat.

Kehadiran "Kang Emil" di Raja Ampat selain melakukan kegiatan wisata tetapi juga melakukan tatap muka dengan pejabat di Lingkungan Pemda Raja Ampat. Dalam rapat itu "Kang Emil" memaparkan konsepnya membangun kota Waisai sebagai kota tujuan wisata dengan konsentrasi pengembangan Pantai Waisai Torang Cinta sebagai Alun-Alun Kota Waisai Raja Ampat.

Screenshoot kehadiran
Screenshoot kehadiran

Wikipedia berbahasa Indonesia mengutip pendapat Suwardjoko P Warpani SAPPK-Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota menuliskan bahwa alun-alun merupakan salah satu bentuk ruang terbuka kota yang keberadaannya menyandang filosofi dan tampil dengan ciri-ciri khas.  

Konsep merubah pantai WTC sebagai alun-alun kota Waisai inilah yang ditawarkan "Kang Emil" saat berada di Waisai-Raja Ampat.

Konsep ini mendapat respon positif dari warget. Syaful Bachry Misol dalam akun Facebooknya sambilmembagikan  beberapa foto terkait kunjungan "Kang Emil" di Kabupaten Raja Ampat dan dishare ke Group Facebook Raja Ampat menulis, "Sekda Raja Ampat mewakili Bupati Raja Ampat berkonsultasi dengan Walikota Bandung tentang Rencana Penataan Pantai WTC... Suatu rezeki besar kepada Raja Ampat karena beliau siap dengan Tim Konsultanx memberi sumbangsih pemikiran  untuk desain Pantai WTC,"

Screenshot konsep alun-alun Kota Raja Ampat//foto: FB
Screenshot konsep alun-alun Kota Raja Ampat//foto: FB

 Syaful Bachry Misol juga menshare beberapa foto kegiatan Kang Emil di Raja Ampat termasuk konsenpnya untuk pengembangan Pantai WTC sebagai Alun-Alun Kota Waisai-Raja Ampat-Provinsi Papua. Juga ada gambar desain karya "Kang Emil" terkait konsep pembangunan alun-alun Kabupaten Sorong.

Kehadiran Walikota Bandung ini diterima oleh Plt. Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si dan beberapa pejabat eselon II termasuk Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo, S.Pi, M.Si.

Screenshoot konsep kang emil untuk alun-alun Kab Sorong/foto:FB
Screenshoot konsep kang emil untuk alun-alun Kab Sorong/foto:FB

Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu daerah tingkat II di Provinsi Papua Barat. Sejak pemekaran 2003, nama Raja Ampat terus mendunia karena potensi pariwisata dan perikanannya.

Hingga Saat ini Raja Ampat merupakan daerah yang eksist  bagi kegiata wisata bawah laut karena wilayah perairan Raja Ampat memiliki terumbu karang masih sangat asri.

Kabupaten yang memiliki 24 Distrik dan 117 kampung ini beribukota di Waisai. Selama ini Waisai merupakan pintu masuk bagi kegiatan wisata di Raja Ampat mengingat Raja Ampat merupakan wilayah kepulauan, maka sangat tepat pengembangan Kota Waisai sebagai kota wisata dengan kekhasan alun-alun kotanya.  

Screenshoot Twitter Kang Emil
Screenshoot Twitter Kang Emil

Pantai Waisai Torang Cinta atau Pantai WTC merupakan salah satu obyek wisata yang menarik di Kota Waisai-Raja Ampat. Keberadaannya yang terletak di Ibukota Kabupaten Raja Ampat mendorong pemda Raja Ampat untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat rekreasi dan menjadi venue dari berbagai acara penting di Lingkungan Pemda Raja Ampat. Masih ingat Sail Raja Ampat 2014? Di Pantai WTC inilah tempat dilaksanakan puncak pelaksanaan Sail Raja Ampat.