Mohon tunggu...
Yusuf Afif
Yusuf Afif Mohon Tunggu... Founder pamankicau.com

Share perawatan burung kicau

Selanjutnya

Tutup

Hobi

5 Cara Membuat "Lovebird" Rajin Ngekek Panjang

19 Juli 2019   09:30 Diperbarui: 19 Juli 2019   09:41 0 1 0 Mohon Tunggu...

Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Harganya yang tidak terlalu mahal dan perawatannya yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memelihara burung lovebird. Selain itu, kicauan dari burung ini juga tidak kalah dengan burung kicau lainnya seperti murai, anis, maupun jalak.


Hanya saja, untuk dapat membuat burung lovebird menjadi ngekek dan gacor, dibutuhkan perawatan khusus dan ketelatenan tinggi. Selain itu, kalian perlu memiliki ramuan lovebird ngekek panjang untuk burung peliharaan kalian.

Bila kalian baru pertama kali dalam memelihara lovebird untuk dilombakan, tentunya kalian butuh banyak belajar dan mengetahui apa saja yang membuat lovebird ngekek aktif. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 cara membuat lovebird ngekek panjang dan rajin.

Pemasteran Alami
Terapi pertama yang bisa kalian lakukan untuk membuat lovebird rajin ngekek adalah dengan melakukan pemasteran secara alami. Cara ini, membutuhkan serangga yang mengeluarkan suara seperti jangkrik, belalang, bangbung, atau tongeret.
Dekatkan serangga dengan sangkar burung di malam hari, kemudian biarkan lovebird mendengar suara tersebut. Memand sedikit sulit, namun cara ini sangat ampuh dan dapat membuat lovebird ngekek aktif.

Pemasteran Menggunakan Rekaman
Bila memaster dengan menggunakan suara serangga terlalu sulit, kalian bisa melakukan pemasteran dengan audio suara lovebird mp3. Kalian dapat mencari rekaman burung lovebird ngekek panjang di blog-blog burung kicau dengan mudah.


Terapi Mandi Semprot
Terapi untuk lovebirf agar ngekek panjang juga bisa dilakukan dengan cara memandikannya dengan semprotan. Semprot lovebird hingga ia basah kuyup, kemudian jemur namun jangan terkena sinar matahari secara langsung.
Putarkan rekaman master lovebird sembari menjemurnya agar burung lovebird yang kalian pelihara bisa mengitkuinya.

Pemberian Jamu
Bila dirasa belum cukup, kalian juga bisa memberikan ramuan lovebird khusus agar ia dapat ngekek panjang. Hanya saja, tiap lovebird memiliki ramuan dan jamu yang berbeda -- beda. Umumnya perbedaan cara perawatan, lingkungan, dan mental akan mempengaruhi bagaimana ramuan harus dibuat.

Demikianlah 4 cara membuat lovebird ngekek panjang dan rajin. Untuk lebih mudah melatih kicauannya, kalian juga perlu tahu ciri fisik lovebird ngekek panjang sebelum membelinya.