Mohon tunggu...
Yusuf Afif
Yusuf Afif Mohon Tunggu... Founder pamankicau.com

Share perawatan burung kicau

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Bongkar Tips agar Cucak Ijo Juara Saat Lomba

10 Juli 2019   21:24 Diperbarui: 11 Juli 2019   06:45 0 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap pemelihara burung cucak ijo tentunya ingin burung yang ia pelihara gacor pada saat lomba. Oleh karena itu, kita perlu memberikan perlakukan khusus agar cucak ijo bisa bongkar isian ketika sedang berlomba.

Cara utama agar cucak ijo bongkar isian adalah dengan menaikan tingkat birahinya. Dengan begitu, kicauan cucak ijo akan semakin gacor dan kencang. Seperti yang kita ketahui, kicauan burung di alam liar digunakan untuk memikat burung betina.

Namun, apa saja yang harus kita lakukan agar cucak ijo berkicau seperti yang kita inginkan? Nah, berikut ini adalah beberapa cara agar cucak ijo bongkar isian saat lomba.

Jangan Mandikan Burung Cucak Ijo Sebelum Lomba
Memandikan burung cucak ijo justru akan membuat birahinya menjadi turun. Apalagi, jika kalian memandikannya dengan menggunakan ait dingin.
Usahakan untuk tidak memandikan burung tiga hari sebelum hari perlombaan. Dengan begitu, burung cucak ijo bisa meningkatkan birahinya secara perlahan dan stabil.

Rutin Menjemur Burung Cucak Ijo
Kebalikan dari memandikan, menjemur cucak ijo justru akan meningkatkan birahinya. Hal ini dikarenakan suhu hangat pada tubuhnya akan membuat cucak ijo cepat panas hingga bongkar isian.

Bila kalian takut burung cucak ijo kotor karena tidak dimandikan, maka menjemur juga bisa menjadi jalan keluarnya. Sinar matahari akan membunuh bakteri -- bakteri dalam tubuh cucak ijo dan membuatnya terhidar dari penyakit.

Berikan EF Khusus
Beberapa jenis extra fooder dengan kandungan protein tinggi juga dapat meningkatkan birahi cucak ijo. Salah satu contohnya seperti ulat hongkong, jangkrik atau cacing tanah.

Pemberian EF ini juga harus ditingkatkan ketika burung akan mengikuti lomba. Sehingga birahi cucak ijo akan terus meningkat hingga memuncak di hari perlombaan.

Pancing Dengan Suara Masteran Atau Suara Betina
Bila sudah terlihat tanda -- tanda cucak ijo birahi, waktunya memancing burung dengan suara masteran. Dengan begitu, kicauan akan lebih cepat bongkar isian hingga ngetrok jambul.

Pancingan suara ini bisa kalian lakukan dengan rekaman online. Namun lebih baik lagi jika kalian menggunakan suara burung cucak ijo betina yang asli.

Jangan Biarkan Burung Stress
Ketika sedang stress, burung cucak ijo akan mendadak jadi pendiam. Oleh karena itu, usahakan untuk menaruh sangkar burung cucak ijo di tempat yang jauh dari suara bising.

Demikianlah cara agar burung cucak ijo bongkar isian ketika lomba. Jangan lupa untuk selalu merawat burung cucak ijo dengan baik agar kicauannya makin gacor. 

Jika anda pecinta cucak ijo dan tertarik membaca banyak hal tentang perawatan cucak ijo lomba silahkan Klik disini