Mohon tunggu...
Aam Permana S
Aam Permana S Mohon Tunggu... freelance

Menulis, jalan-jalan, merekam kejadian dan nonton sama istri. Mengalir, semuanya mengalir saja; patanjala

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Sejumlah Caleg Ternyata Masih Sering Datang ke Tempat Ziarah

1 Oktober 2018   10:06 Diperbarui: 1 Oktober 2018   10:26 0 3 2 Mohon Tunggu...
Sejumlah Caleg Ternyata Masih Sering Datang ke Tempat Ziarah
dok penulis

Menjelang masa pemilihan anggota legislatif, sejumlah tempat ziarah di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung,  Jawa Barat, ternyata banyak dikunjungi calon anggota legislatif (caleg). Mereka ziarah ke tempat tersebut untuk berdoa agar mendapat kemudahan, atau lebih jelasnya, sukses dalam Pemilu 2019.

Tempat ziarah mana saja yang belakangan banyak dikunjungi  calon anggota legislatif tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

Makam Nangtung

makam nangtung.dok penulis
makam nangtung.dok penulis

Makam Nangtung, adalah makam yang berada di Pasir Gunung Nantung  Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat. Ada beberapa makam tua di tempat ini. Namun yang menjadi tujuan utama peziarah adalah makam Mbah Jagabaya, orang sakti pada jamam Kerajaan Sumedang Larang.

"Peningkatan pengunjung ke sini cukup drastis. Dan kebanyakan dari mereka adalah calon anggota legislatif," kata Nana, juru kunci (kuncen) di Makam Keramat Nangtung. Untuk membuktikannya, Nana kemudian memberikan beberapa nama caleg yang datang ke tempatnya.

Banyak yang percaya, berziarah ke tempat ini, bisa menyebabkan hajat yang ingin punya kedudukan akan terkabul. Itu, konon, sesuai dengan arti kata nangtung (bahasa Sunda), yakni berdiri.

Gunung Lingga

keramat lingga/dok penulis
keramat lingga/dok penulis

Terletak di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang,  Jawa Barat,  Gunung Lingga, adalah gunung tempat bersemayamnya salahsatu leluhur Sumedang, Prabu Tajimalela yang namanya digunakan jadi nama perguruan silat atau nama lainnya.  

Gunung ini dipercaya sejumlah orang memiliki daya mistis yang kuat. Bahkan konon, berdoa di petilasan Prabu Tajimalela ini, akan membuat hajat seseorang cepat terkabul. Karena itulah, tempat  ini dari dulu hingga sekarang, selalu menjadi tujuan ziarah, terlebih menjelang Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x