Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Tidak Pernah Mati

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Petani Muda dan Kemudahan Akses Pupuk

5 November 2022   15:50 Diperbarui: 5 November 2022   15:54 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Petani Muda dan Kemudahan Akses Pupuk

Yudha Adi Putra

Ketua BEM Fakultas Teologi UKDW

Duta Bahasa 2019

Penulis Esai, Puisi, dan Cerpen

Minat generasi muda untuk bertani perlu diapresiasi. Dalam konteks wilayah Sleman, tahun 2022 muncul Gerakan Tani Muda. Gerakan itu memberikan wadah bagi petani muda untuk saling mendukung dalam bertani.

Persoalan bertani bagi generasi muda merupakan persoalan yang kompleks. Ada pandangan masyarakat yang merendahkan profesi sebagai petani menjadi hambatan tersendiri. Akan tetapi, kebutuhan pangan lokal semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk.

Tentu tidak hanya mengandalkan impor pangan saja. Perkembangan petani muda harus didukung. Perjuangan petani muda beragam karena melawan stigma masyarakat hingga memberikan kontribusi terbaik bagi ketersediaan pangan lokal. Sektor pangan merupakan sektor yang vital di Indonesia. 

Apalagi, masyarakat umum memiliki ketergantungan untuk mengkonsumsi beras. Menurut BPS, produksi beras pada tahun 2022 untuk konsumsi pangan penduduk diperkirakan sekitar 32,07 juta ton. Kondisi itu mengalami peningkatan sebanyak 718,03 ribu ton atau 2,29 persen dibandingkan produksi beras di tahun 2021 yang hanya sebesar 31,36 juta ton. 

Itu berarti konsumsi berat meningkat sejak pandemi berlangsung. Untuk memperoleh ketersediaan besar, tentu peran petani menjadi penting. Persoalan petani harus diperhatikan, terutama apresiasi kepada petani muda dalam berbagai bentuk inovasinya.

Pandangan Mengenai Petani

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun