Mohon tunggu...
PERLIN CHAN
PERLIN CHAN Mohon Tunggu... Penulis - Wirswasta

Saya menyukai bidang pengembagan diri dalam hal menulis dan membuat karya cipta pada kreasi video untuk kuliner, lagu, dan cerita kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Penerimaan Terhadap Hal-hal yang Tak Terkendali: Kunci Meraih Ketenangan dalam Kehidupan.

20 Januari 2024   16:20 Diperbarui: 20 Januari 2024   16:31 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Penerimaan Terhadap Hal-hal yang Tak Terkendali: Kunci Meraih Ketenangan dalam Kehidupan

Dalam alur kehidupan yang seringkali tak terduga, satu-satunya kepastian yang kita miliki adalah ketidakpastian itu sendiri. Tantangan datang silih berganti, dan tidak selalu sesuai dengan rencana yang kita susun. Namun, dalam kerumitan tersebut, prinsip penerimaan terhadap hal-hal yang tak terkendali yang diajarkan oleh stoikisme menawarkan sebuah landasan kokoh untuk meraih ketenangan batin.

1. Menerima untuk Membebaskan Diri dari Beban Tidak Perlu

Stoikisme mengajarkan kita untuk menerima segala hal yang berada di luar kendali kita. Kebijaksanaan ini bukanlah bentuk pasrah tanpa tindakan, melainkan cara bijak untuk membebaskan diri dari beban pikiran yang tidak perlu. Ketika kita menerima kenyataan bahwa tidak semua hal bisa kita kontrol, kita membebaskan diri dari rasa khawatir dan kecemasan yang seringkali hanya menghambat potensi positif kita.

2. Memisahkan Diri dari Dampak Negatif

Prinsip ini juga mengajarkan pemisahan antara hal-hal yang dapat diubah dan yang tidak. Banyak energi terbuang ketika kita terus-menerus meratapi atau berusaha mengubah hal yang sudah di luar kendali kita. Dengan menyadari perbedaan ini, kita dapat mengalokasikan energi dan fokus untuk hal-hal yang dapat kita pengaruhi. Ini bukan hanya taktik mental, tetapi langkah nyata menuju kehidupan yang lebih terarah dan bermakna.

3. Menemukan Ketenangan dalam Kesadaran dan Penerimaan

Penerimaan terhadap hal-hal yang tak terkendali membawa kita pada kesadaran diri dan penerimaan terhadap keadaan. Dalam momen penerimaan ini, kita menemukan ketenangan yang muncul dari kebijaksanaan menerima hidup apa adanya. Ini bukan berarti kehilangan semangat untuk berusaha lebih baik, tetapi justru memberikan kekuatan batin untuk menghadapi setiap tantangan dengan kepala dingin dan hati yang tenang.

4. Meningkatkan Daya Tahan Mental

Dengan menerima ketidakpastian sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan, kita membangun daya tahan mental. Kemampuan untuk tetap stabil di tengah badai kehidupan adalah salah satu keahlian yang sangat berharga. Penerimaan ini bukanlah tanda kelemahan, melainkan kekuatan yang memungkinkan kita tumbuh dan berkembang meski dihadapkan pada situasi yang sulit.

5. Mengubah Perspektif Menjadi Kekuatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun