Mohon tunggu...
Peri Saputra
Peri Saputra Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia

Guru Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak

7 Juli 2022   23:29 Diperbarui: 7 Juli 2022   23:56 147 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Orangtua memilih Sekolah yang tepat untuk anak (Sumber: thinkstockphotos via Kompas.com)

 

Pendidikan formal masih menjadi primadona bagi orang tua, dan orang tua menganggap pendidikan formal ini harus ditempuh setiap anak. Di Indonesia sendiri, program wajib belajar dua belas tahun yang dirancang oleh pemerintah bertujuan setiap anak tidak putus sekolah. 

Berdasakan hal ini, para orangtua seolah "ditugaskan" untuk mampu memilih sekolah yang terbaik bagi anandanya. Nah, sudahkah ayah dan bunda mengetahui bagaimana cara memilih sekolah yang tepat untuk ananda kita.

Pilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Keputusan dalam memilih atau menentukan sekolah mana yang tepat untuk anak memang bukan hal yang mudah. Hal ini terkadang menjadi dilema bagi sertiap orang tua ketika memilih sekolah buat anak dan tak jarang orang tua merasa was-was bahkan cemas karena takut pilihan mereka salah atau keliru.  

Memilih sekolah yang baik dan cocok untuk anak merupakan hal penting loh ayah dan bunda,  hal ini tidak bisa kita abai begitu saja. Mengapa demikian, sekolah adalah rumah kedua bagi anak setelah rumah kita tempat dimana anak-anak banyak menghabiskan waktu dan menuntut ilmu dan menanamkan konsep-konsep yang akan menentukan langkah anak kita ke depannya.  

Di sekolah juga, anak kita akan dididik menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kompetensi-kompetensi untuk bekal dalam menjalani kehidupan kedepannya. Dan tidak kalah penting sekolah juga sebagai tempat menanamkan akhlak dan ilmu sehingga dalam kehidupan sehari-hari menjadi terarah dalam menatap masa depannya.

Bagaimana Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak

Ayah dan bunda jangan asal memilih dan mendaftarkan anak masuk sekolah ya, Sebelum mendaftarkan anak ke sekolah, ada beberapa poin yang sebaiknya ayah dan bunda pikirkan.

Untuk itu, pertimbangan yang bisa ayah adan bunda jadikan tolok ukur untuk menentukan sekolah bagi anak ialah. Sekolah  pertama atau sekolah awal, dan kedua yaitu sekolah lanjutan.

Sekolah Pertama untuk Anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan