Mohon tunggu...
Trya Rahmawati
Trya Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Rencana Pengembangan Usaha Produk Antaranusa

29 Mei 2019   21:23 Diperbarui: 29 Mei 2019   21:48 0 0 0 Mohon Tunggu...

            Antaranusa merupakan sebuah produktas 3 in 1 yang artinya tas tersebut dapat digunakan dalam bentuk tiga modelyaitu backpack, sling bag, dan tote bag. Tas Anataranusa hadirmerupakan tas yang praktis karena memiliki fungsi 3 in 1 tersebut. Selain itu,terdapat keunikan berupa sentuhan kain khas nusantara dan juga dapat digunakanbaik untuk laki-laki maupun perempuan. Sementara ini tas Antaranusa tersediadalam dua varian, yaitu Jenggala (warna putih), dan Segara (warna birudongker). Pilihan warna ini adalah warna yang dapat digunakan untuk laki-lakiperempuan. Tas ini tersedia dalam satu ukuran yang cukup besar, dapat untukmembawa laptop dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Sejauh ini tas Antaranusa mendapatkanfeedback baik dari pelanggan, mulai dari keunikan produk karena memilikisentuhan kain nusantara dan fungsi 3 in 1 yang jarang ditemukan pada produk lain.Untuk kedepannya, kami telah merencanakan pengembangan dan penambahan varianproduk. Untuk kedepannya, kami akan menambah varian warna yang dapat digunakanuntuk laki-laki dan perempuan seperti warna abu-abu dan hijau army.Selanjutnya kami juga akan menambah varian untuk ukuran dari produk kami.Kedepannya akan ada tiga ukuran, yaitu small, medium, dan largedengan pertimbangan agar ukuran tas kami dapat lebih menyesuaikan kembali bagilaki-laki dan perempuan karena pada kedepannya akan memungkinkan perempuaningin tas dengan ukuran yang lebih kecil dan laki-laki ingin tas dengan ukuranyang lebih besar. Selain itu, kami juga akan menambahkan motif-motif baru darikain khas nusantara lainnya.

            Selain pengembangan dalam penambahanproduk, kami juga akan melakukan pengembangan dalam penyesuaian segmenpelanggan. Segmen pelanggan kami adalah masyarakat luas. Pada kenyataannya,ketika produk Antaranusa dijual, pembeli rata-rata adalah mahasiswa dan orangdewasa berusia di atas 30 tahun, dengan proporsi lebih banyak pembeli berusiadi atas 30 tahun. Hal ini menjadi masukan bagi kami untuk mengembangkan produkAntaranusa agar dapat menyesuaikan kembali dengan segmen pelanggan kami yaitumasyarakat luas dengan mengembangkan varian produk mulai dari warna, ukuran,motif, dan model. 

            Pada penyesuaian dalam value proposition Antaranusa yang sejak awalkami menekankan pada poin tas 3in1 (totebag, slingbag, backpack) yangmenjadi solusi untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan tas sesuaikebutuhannya, memberikan nilai kebanggaan kepada konsumen dengan memakai tasAntaranusa yang diberikan sentuhan tenun, dapat digunakan sebagai backpack,sling bag, tote bag, dan model yang unisex ini tidak memilikiperubahan ataupun penyesuaian yang berarti. Kami merasa value propositionini sudah sesuai apa yang value yang ingin kami bawakan dan tunjukan padakonsumen.

            Selanjutnya, pada bagianpengambangan dan penyesuaian hubungan pelanggan yang perlu kami lakukan dimulaidengan memaksimalkan penggunaan sosial media untuk lebih aktif lagi dalammengunggah berbagai hal mengenai produk agar lebih mudah dikenali calon konsumenterlebih dahulu dan dengan begitu bisa dilanjutkan dengan memaksimalkan sosialmedia itu sendiri untuk menjadi alat penghubung antara kami dan calon konsumenitu sendiri.

            Sedangkan, untuk saluran pemasarantas Antaranusa yang saat ini menggunakan Paid Promotion pada influencerInstagram, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Untuk pengembangan selanjutnya,Antaranusa akan menggunakan sistem SEO, SEO singkatandari "search engine optimization" (pengoptimalan mesintelusur) atau "search engine optimizer" yang disediakandi Google, yang berfungsi untuk mengoptimasipemasaran pada mesin pencari (Google) agar mendapatkan peringkat yang lebihbaik di hasil pencarian. Lalu Antaranusa akan menggunakan Google Adsense,dimana nantinya Google memungkinkan iklan ditampilkan di blog atau web sesuaiberdasarkan tema kata kunci yang dibahas, lokasi dari target geografispengunjung, dan dari faktor lain. Kedua cara tersebut akan menjadi rencanasaluran pemasaran Antaranusa selanjutnya.

            Lalu, dalam penyesuaian aktivitasutama pada produk kami terbagi menjadi tiga aktivitas utama, yaitu produksi,pemasaran, dan penjualan. Ketiga aktivitas utama ini menjadi fokus yang selamaini kami lakukan dalam kegiatan kewirausahaan. Penyesuaian diperlukan gunamendapatkan kondisi atau aktivitas utama yang dapat disesuaikan lebih lanjut. 

            Sedangkan, pada tahap produksipenyesuaian yang perlu kami lakukan kembali terkait jumlah produk yangdiproduksi, serta pemilihan bahan baku untuk produksi. Dalam pemilihan bahanbaku saat proses produksi sebelumnya, kami terjun langsung dalam hal pemilihanbahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi agar mendapatkan hasilyang sesuai dengan yang kami inginkan. Saat proses produksi yang berlangsung divendor, penyesuaian yang perlu kami lakukan yaitu untuk menjaga kualitas produkdari selesainya proses produksi hingga ke tangan pembeli seharusnya dilakukanproses quality control setelah proses produksi telah selesai. Haltersebut diperlukan guna menjaga agar tidak terjadi kecacatan pada produk kami.

            Selanjutnya, pada aktivitaspemasaran, penyesuaian yang akan kami lakukan yaitu penjualan melalui media online.Pemasaran yang kami lakukan dirasa belum maksimal menggunakan media onlineseperti social media ataupun e-commerce. Memaksimalkan peluangpemasaran melalui media-media online akan menjadi kegiatan yang kami fokuskanpada aktivitas utama pemasaran kami.

          Dalam aktivitas penjualan, penyesuaian yang perlu kami lakukan yaitu terkaitbiaya tambahan untuk ongkos kirim yang belum kami singgung di media sosialmanapun untuk penjualan. Proses yang terakhir dalam penjualan yakni pascapenjualan yang belum berlangsung sesuai dengan rencana kami sebelumnya terkaitpemberian thank you card melalui e-mail, newsletter, dan surveiproduk kepada konsumen. Hanya testimoni saja yang sudah kami lakukan selama inikepada konsumen yang telah membeli produk kami.

            Untuk sekarang sumber daya manusiaterkait pengelolaan dari produk dan Antaranusa sendiri masih hanya pendiri yangberjumlah 6 orang sedangkan untuk produksi kami melakukan kerjasama denganvendor pembuat tas. kedepannya, dengan jumlah produksi dan jenis yang beragamdan kebutuhan untuk mengembangkan produk kami akan menambahkan personil staffterkait pemasaran dan sales, customer service, dan produksi. Dimana staffterkait pemasaran dan sales umumnya melakukan aktivitas terkait memasarkanproduk secara konsisten dengan pengikuti perkembangan pada masa tersebutterutama melalui sosial media serta terkait penjualan offline yang kami lakukanmelalui event dan bazaar. kemudian untuk customer service yang melayanipembelian, pertanyaan, komplain, dan saran dari konsumen. dan produksi terkaitpengadaan barang dan mengurus keperluan terkait vendor. Dimana untukpengembangan produk terutama terkait design masih kami lakukan sendiri. 

            Lalu, setelah sebelumnya kami telahmelakukan pembuatan konsep hingga penjualan produk, kami menyadari bahwahubungan yang baik antara rekan kerja sangat dibutuhkan. karena jika terdapat kesenjanganantara setiap rekan kerja, tentunya akan menghambat proses pengembangan bisnis.oleh karena itu, untuk kedepannya kami akan melakukan perencanaan hubunganrekan kerja. 

            Pertama yaitu memiliki visi dan misiyang sama sehingga meminimalisir terjadinya konflik karena perbedaan tujuan.kedua memiliki bisa menerima kritik dan masukan, kritik dan saran memang tidakakan pernah bisa dihindari. Sehingga antara rekan kerja harus memiliki sifatterbuka dan mau menerima kritik yang membangun. Yang ketiga yaitu kepercayaan,Kepercayaan menjadi modal awal yang sangat penting dalam membangun sebuahbisnis. Tidak hanya dalam hubungannya dengan pihak eksternal, tetapi jugadengan pihak internal, termasuk dengan rekan bisnis. Dan yang keempat adalahkomitmen, rekan bisnis sebaiknya tidak menjadikan bisnis yang sedang dijalnkansebagai sampingan saja. Karena jika begitu, proses pengembangan bisnis akanterhambat karena rekan kerja tidak focus pada satu tujuan saja.

            Hal itulah yang nantinya akan kamikembangkan dalam mengelola bisnis Bersama rekan kerja, agar tidak ada lagikesalah pahaman dan perbedaan tujuan. Karena rekan kerja merupakan orangpertama yang akan memberikan pemikirannya bila terjadi masalah dalam sebuahbisnis.


KONTEN MENARIK LAINNYA
x