Mohon tunggu...
Pepadu Tulen
Pepadu Tulen Mohon Tunggu... -

Pembelajar Arti Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Money

Kisah Express Menjadi Korporasi Triliuner

23 Februari 2015   18:20 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:40 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pada kuartal ketiga tahun 2014, nilai aset taksi Express tercatat menembus nilai Rp 37,5 tiliun. Taksi Express termasuk perusahaan prospektif yang cepat melejit. Padahal, di awal penawaran saham perdana pada akhir tahun 2012, nilai total aset Express masih Rp 1,03 triliun.

Buah sukses taksi dengan ciri khas warna putih ini, tak lepas dari berbagai inovasi yang diterapkan di dalam sistem manajemen serta value atau niali-nilai yang dikembangkan oleh perusahaan dan mitra. Untuk diketahui, taksi Express tak seperti perusahaan taksi lain yang memosisikan pengemudi mereka sebagai pekerja atau karyawan. Pengemudi taksi Express merupakan mitra bisnis. Mereka bekerja, masuk ke dalam sistem taksi Express. Jika di gambarkan dalam sebuah grafik, para pengemudi tersebut tidak dalam posisi di bawah, atau vetikal dengan perusahaan. Namun sejajar atau horizontal.

Pengemudi taksi Express adalah juga merupakan pemilik kendaraan taksi yang mereka operasikan. Express selaku perusahaan membantu dalam bentuk pembayaran uang muka kendaraan tersebut, yang sesuai perjanjian, selanjutnya dilunasi oleh pengemudi dalam bentuk setoran harian. Setelah masa cicilan berakhir, maka mobil tersebut menjadi hak milik pengemudi. Inilah yang disebut sebagai Sistem Kemitraan Skema Kepemilikan Taksi (SKSKT).

SKSKT memberikan suntikan energi, menjadi kekuatan daya dorong penting. SKSKT berimplikasi positif sehingga taksi Express tumbuh pesat dalam waktu yang relatif singkat, Express meraih positioning sebagai perusahaan taksi terbesar kedua di Indonesia. Seperti dikatakan oleh CEO PT Express Transindo Utama (Express Group) Daniel Podiman dikutip dari laman Youtube, SKSKT telah menjadi lumbung spirit para pengemudi. SKSKT memotivasi mereka dalam bekerja memberikan layanan prima. Adalah harapan besar yang mereka nantikan, yaitu memiliki mobil yang menjadi salah satu motivasi pentingnya. Di perusahaan taksi lain, walaupun bertahun-tahun bekerja, yang diperoleh hanya gaji. Tidak ada “bonus kaget” dalam jumlah besar seperti yang diperoleh para pengemudi taksi Express.

Selain metode kemitraan, dikutip dari official account twitter @Express_Group dalam tagar #ResolusiExpress2015, taksi Express juga lima rahasia sehingga bisa tumbuh pesat menjadi perusahaan dengan nilai aset puluhan trilliun rupiah.

Pertama, KOMITMEN bekerja total dengan integritas dan memberi layanan terbaik. Budaya komitmen ini dipegang oleh semua jajaran Express dalam batang tubub Express. Pihak manajemen misalnya, merealisasikan KOMITMEN kepada para pengemudi mereka dengan merancang sistem pendapatan yang menyejahterakan melalui SKSKT.

Kedua, KERJASAMA. Yakni membangun team work solid yang bekerja efektif dalam menyempurnakan layanan. Kerjasama dimaknai secara luas oleh seluruh komponen di dalam perusahaan yang hampir separuh sahamnya merupakan milik publik ini. Dari customers service hingga pengemudi, mengerti bahwa kerjasama akan melahirkan performance perusahaan yang prima dan menyenangkan bagi pelanggan.

Ketiga, KEDISIPLINAN. Yaitu mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku. Jiwa disiplin ditanamkan di dalam setiap unit layanan dan menjadi karakter karyawan, manajemen hingga pengemudi. Bukti kongkrit budaya disiplin taksi Express bisa dirasakan ketika mengorder taksi melalui call centre. Tepat 45 menit sebelum taksi pesanan menjemput, pihak Express akan menelpon dan memastikan pesanan akan datang atau sedang menuju ke alamat jemputan. Taksi yang terdekat dengan lokasi penumpang, diarahkan ke titik penjemputan sehingga tidak ada kata telat atau ngaret. Maka tak heran jika taksi Express dikenal sangat disiplin untuk urusan jemputan ini. Mereka bisa standby di depan pintu rumah penumpang 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Keempat, KEPEDULIAN yang direfeleksikan dalam layanan sepenuh hati dan tanggungjawab. Pengemudi taksi Express ditanamkan jiwa peduli, khususnya kepada para penumpang. Pihak manajemen pun demikian, secara rutin menggelar aksi peduli kepada para pelanggan setianya. Seperti yang dilakukan beberapa hari lalu, dalam rangka memeriahkan tahun baru Imlek, bertempat di dua titik yakni Mall , Express memberikan hadiah kepada penumpangnya.

Kelima, KETEKUNAN. Ini tercermin dalam servis yang semangat dan sikap positif yang diberikan oleh elemen-elemen taksi Express. Mulai dari layanan pelanggan hingga pengemudi. Wujud ketekunan tersebut direfeleksikan dalam bentuk bantuan mengangkat barang bawaan, memilih jalan yang mulus atau menegemudi dengan pelan dan patuh rambu lalu lintas. Intinya, kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang dijaga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun