Mohon tunggu...
Peny Widi Harini
Peny Widi Harini Mohon Tunggu... Freelancer - Writerpreneur of Edwrite Indonesia, Penulis, Motivator Muslimah..

Instagram || • @penywidi Menulislah Untuk Menginspirasi dan memberikan banyak manfaat, Bukan hanya sebatas Untuk Mencari Kepopuleran saja. ❤

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Dari Mana Kita Harus Mulai Menulis?

27 Juli 2021   19:11 Diperbarui: 27 Juli 2021   19:15 139 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Mana Kita Harus Mulai Menulis?
Penywidi

Banyak orang disekitar saya mengatakan bahwa menulis adalah bukan sesuatu yang mudah. Saat saya bertanya "Kenapa bisa beranggapan seperti itu?" Rata-rata hampir dari kebanyakan mereka menjawab seperti ini  kalau menulis itu membutuhkan waktu lebih, sulit mengurai atau merangkai kata perkata, suasana hati yang tidak menentu dan berbagai alasan lainnya.Tak bisa dipungkiri bahwa semua yang dikatakan di atas itu semuanya benar dan lumrah seringkali dialami oleh setiap penulis, termasuk saya pribadi dan bahkan penulis yang masih pemula banget.

Menulis pada dasarnya bukan hanya persoalan bakat semata, tapi juga menyangkut niat dan keinginan yang besar untuk belajar merekam sejarah dan pikiran kita sendiri.

Menulis telah menjadi kebutuhan mendasar bagi siapapun, bahkan bagi mereka yang tidak mengenal alat tulis sama sekali. Namun perihal cara menulis, alat yang digunakan dan dimana harus menulis, ini mungkin yang berbeda-beda.

Intinya menulis itu adalah proses merekam ingatan (memory) kita, apapun yang kita lakukan dan dimanapun kita berada. Tanpa proses merekam melalui tulisan tersebut, maka kita praktis hanya akan bertumpu kepada ingatan yang cenderung terbatas dan sempit.

Lantas dari mana kita harus mulai menulis?


Pertama.

Mulailah untuk menulis apa pun yang ingin anda bisa tulis. Meskipun Anda tidak tahu itu harus menulis apa, maka tulislah apa saja yang ada dibenak pikiran dan hati Anda. Karena dengan begitu semuanya akan mengalir dengan sendirinya.

Kedua.

Setelah mulai terbiasa dengan menulis sesuatu, maka rajinlah untuk membaca dan menyerap pengetahuan dari mana saja. Baik itu dari buku, majalah, koran, TV, Radio dan atau media lainnya.

Ketiga.

Tulislah apa yang telah Anda baca. Dengan demikian, maka Anda akan terbiasa untuk merekam apa yang telah Anda baca. Ingat, bahwa kemampuan mengingat seorang manusia itu sangat terbatas. Dari 1000 suku kata, mungkin kita hanya akan mampu mengingat maksimal 50 hingga 100 suku kata saja. Maka mulailah bercerita dengan cara menulis dari apa yang Anda baca mau pun kejadian yang Anda alami di mulai dari sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x