Mohon tunggu...
Peny Widi Harini
Peny Widi Harini Mohon Tunggu... Writerpreneur of Edwrite Indonesia, Penulis, Motivator Muslimah..

Instagram || • @penywidi Menulislah Untuk Menginspirasi dan memberikan banyak manfaat, Bukan hanya sebatas Untuk Mencari Kepopuleran saja. ❤

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ingin Menjadi Seorang Penulis? Ini yang Harus Kalian Lakukan!

22 Juli 2021   10:51 Diperbarui: 22 Juli 2021   12:14 157 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Menjadi Seorang Penulis? Ini yang Harus Kalian Lakukan!
Diary.com

Untuk menjadi seorang Penulis tentunya kita harus tahu dahulu sebelumnya apa itu perbedaan menulis dan penulis, karena kedua hal tersebut adalah dua hal yang berbeda namun saling berkaitan satu sama lain. Singkatnya, Penulis adalah orang yang menulis cerita atau karyanya sendiri sesuai keinginanya. Sedangkan menulis itu sendiri adalah hal yang dilakukan seorang penulis untuk menulis semua karyanya.

Menulis merupakan suatu kegiatan yang sudah dikenal ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Dari tulisan-tulisan terdahulu manusia mengenal sejarah peradaban, melalui tulisan manusia mewariskan ilmu pengetahuan, melalui tulisan manusia membangun keabadian. 

Menulis memiliki manfaat yang tidak terkira, dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita peroleh lalu kita bagikan pada orang lain, menulis juga mampu memperkaya pengetahuan kita karena seseorang yang gemar menulis tentu wajib untuk banyak membaca agar mereka bisa mengembangkan tulisannya. 

Dengan menulis manusia menjelma menjadi sosok inspirator yang mampu memberikan energi positif bagi pembacanya

Banyak orang yang menginginkan menjadi seorang penulis termasuk di antaranya teman-teman yang sedang membaca tulisan ini, termasuk saya pribadi. 

"Kesuksesan berawal dari mimpi". Begitulah kalimat yang sering kita dengar dari guru, dosen, motivator, dan orang tua kita sendiri apa pun yang kita inginkan pasti semua itu berawal dari sebuah mimpi. Setiap orang berhak mencapai apa yang diimpikannya, asalkan ia mau berusaha dan memiliki motivasi tinggi untuk mewujudkannya.

Impian adalah sebuah keinginan, cita-cita dan harapan yang dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan. Hampir semua kesuksesan seseorang semua itu bermula dari sebuah mimpi, mereka adalah pemimpi yang tidak hanya berangan-angan saja tapi mampu mewujudkannya menjadi kenyataan. 

Bahkan Ketika masih duduk di bangku sekolah dasar kita pun sering ditanya oleh sebagian guru tentang impian masing-masing. Jawabannya beragam---ada yang ingin jadi polisi, dokter, arsitek, guru, tentara, pilot dan masih banyak lagi. 

Termasuk saat kita mempunyai keinginan untuk menjadi seorang penulis, kalau kita ingin menulis tentu sudah pasti kita punya gambaran, sesuatu yang hendak kita tuliskan. Tak mungkin kita hanya berjam-jam duduk di depan komputer, ngeblank terus otak dan perasaan kita hingga akhirnya tak tahu apa yang mau dituliskan.

Menulis Novel adalah impian banyak orang, mungkin salah satunya adalah kamu. Selain menyenangkan karena akhirnya bisa menyelesaikan satu full naskah hasil karyamu sendiri, tentunya pasti ada rasa bahagia saat karyamu bisa terbit bahkan bisa dibaca oleh banyak orang dan kemudian masuk ke dalam kategori Best Seller. Tetapi dari kebanyakan semua impian itu hanyalah sebatas keinginan saja, karena realitanya eksekusi atau tindakannya sama sekali tidak ada dengan alasan yang sangat beragam.

Bagi pemula, membuat novel merupakan sesuatu yang sangat sulit dan mustahil untuk dilakukan. Padahal membuat novel tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Membuat novel menjadi sulit dikarenakan adanya pikiran negatif dari diri sendiri, karena kebanyakan para penulis pemula takut dengan kegagalan yang akan dihadapinya kelak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x