Dulu orang menggunakan sosial media untuk saling sapa dan berkomunikasi jarak jauh saja. Sedangakan sekarang Sosial media menjadi media promosi terbaik, dengan maraknya e-commers dan ragamnya aktivitas yang bisa dilakukan di sosmed, menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau brand mereka melalui sosial media. Â Bahkan untuk mendukung para pelaku bisnis, pihak pengembang Media Sosial sudah melengkapi platform mereka dengan berbagai fitur, seperti fitur iklan dan marketplace. Sehingga pelanggan lebih mudah dalam melakukan transaksi pembelian.
Keuntungan lain promosi menggunakan Media Sosial adalah, bisnis akan lebih mudah menemukan pelanggan baru, menjangkau pasar tertarget, mengembangkan branding dan dapat membangun hubungan erat dengan pelanggan. Sehingga target bisnis yang sudah direncanakan dapat  berkembang pesat, sesuai harapan dan semakin cuan.
Sosial Media Paling Populer Digunakan Promosi
Media Sosial adalah sarana promosi paling menjanjikan di era digital saat ini. Ada banyak platform yang bisa dipilih untuk mempromosikan produk/brand bisnis yang kamu jalankan. Bisa dibilang, saat ini hamper semua perusahaan berlomba-lomba membuat akun social media agar produknya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Memang semenjak naiknya popularitas media social di kalangan masyarakat, berpontensi dapat mendorong keberhasilan promosi perusahaan lebih pesat, mudah dan murah.
Tetapi dengan banyaknya social media saat ini, tidak menutup kemungkinan pelaku bisnis jadi bingung memilih manakah media yang paling tepat dan berpotensi untuk menyukseskan promosi. Secara umum ada 4 platfom yang sangat membantu dan terbukti dapat meningkatkan kualitas, branding dan omset penjualan:
1. Â Â Â Â Youtube
Beriklan melalui youtube tidak perlu diragukan lagi. Youtube dinilai dapat membangun brand awarness dan menjangkau konsumen lebih luas. Hal ini karena masyarakat Indonesia khususnya milenial dan Generasi Z lebih menyukai menyaksikan tayangan video di Youtube dibandingkan menonton acara televisi.
2. Â Â Â Instagram
Adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengikut (followers) untuk mengetahui segala aktivitas maupun informasi dari akun tersebut. Seiring waktu, banyak pelaku bisnis menggunakan Instagram sebagai tempat promosi, yang mana dengan kemudahan dalam membagikan foto dan video membuat pelanggan lebih percaya dengan produk yang ditawarkan.